1. MALANG
  2. KABAR MALANG

3 Kepala Daerah gagas Forum Malang Raya Maju Bersama

Tiga Kepala Daerah di Malang Raya komitmen bersinergikan dalam kebijakan dan pembangunan.

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Rabu, 08 Agustus 2018 11:06

Merdeka.com, Malang - Tiga Kepala Daerah di Malang Raya komitmen bersinergikan dalam kebijakan dan pembangunan. Wali Kota Malang (Plt) Sutiaji, Bupati Malang Rendra Kresna dan Walikota Batu Dewanti Rumpoko menyepakati, penguatan koordinasi dan komunikasi bersama dalam semangat Malang Raya.

"Kita akan bangun tradisi bersama, dalam satu forum yang menghadirkan masing masing Organisasi Perangkat Daerah, agar ada sebuah konektivitas dan sinergitas program," kata Sutiaji di Ruang Rapat Tumapel Balai Kota Malang, Selasa (7/8).

Komitmen diawali dengan pertemuan Sekretaris Daerah dan Asisten Daerah di Malang Raya. Hadir dalam pertemuan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto, Sekda Kota Batu (Pj) Edi Murtono dan Abdul Kodir, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Malang.

"Ini menindaklanjuti inisiasi dan komitmen dari pimpinan, merumuskan teknis kegiatan, topik maupun siapa saja yang terlibat di dalamnya," kata Wasto usai pertemuan.

Kata Wasto, yang utama sepakat untuk maju bersama, karenanya tajuk yang disepakati adalah Malang Raya, Maju Bersama.

Lima poin kesepakatan yang tertuang dalam berita acara rapat bersama tersebut meliputi; Sepakat untuk merealisasikan rencana pertemuan Kepala Daerah se-Malang Raya dan melakukan langkah teknis persiapan kegiatan yang dibutuhkan, kota Malang menjadi tuan rumah yang direncanakan 27 Agustus atau waktu lain yang disepakati bersama, Pertemuan ditujukan untuk mensinergikan komitmen kebijakan yang akan dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman, Disusun roadmap kerjasama sebagai tindaklanjut secara simultan dengan didahului proses inventarisasi permasalahan prioritas, dan Hasil rapat dilaporkan kepada Gubernur Jawa Timur dengan tembusan Kepala Bakorwil dan Kepala Daerah se Malang Raya.

Wasto menambahkan sebagai penguatan komitmen dan kontinyuitas kebijakan, masing masing OPD di Malang Raya secara proaktif menggelar komunikasi dan pertemuan secara teknis.

"Roadmap kerjasama nanti juga akan disusun rencana dan target kerja jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang dengan goal kemajuan serta kesejahteraan Malang Raya," tutur Edi Murtono.

Poin yang sama juga ditegaskan Abdul Kodir, bahwa sinergi sangat diperlukan. Karena itu tidak menutup kemungkinan permasalahan satu daerah butuh penyelesaian daerah lain. Perlu ditopang oleh daerah sekitarnya.

"Ini pula yang menjadi target dari forum ini, yang satu di antaranya melakukan inventarisasi permasalahan prioritas untuk dicarikan solusi secara bersama dengan semangat maju bersama," kata Abdul Kodir.

Banyak pekerjaan yang bisa bersama-sama digarap, seperti pariwisata, pengolahan sampah, pengembangan kawasan produktif bersama dan sektor-sektor lainnya.

"Yang pasti momentum ini akan kami kawal bersama, agar Malang Raya tidak hanya berhenti pada tataran konsep, namun benar benar teraktualisasikan," tegas Wasto.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Pemkot Malang
  2. Pemkab Malang
  3. Pemkot Batu
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA