1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Terima pengurus BKM, Sutiaji dicurhati lingkungan kumuh

Wali Kota Malang (Plt) Sutiaji menggelar audiensi dengan para pengurus Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) se-Kota Malang.

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Senin, 06 Agustus 2018 10:20

Merdeka.com, Malang - Wali Kota Malang (Plt) Sutiaji menggelar audiensi dengan para pengurus Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) se-Kota Malang. Audiensi dalam rangka mengurai permasalahan yang dihadapi BKM dalam menjalankan tugasnya melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Sutiaji banyak mendengarkan masukan para perwakilan BKM. Beberapa di antaranya yakni meminta dipermudah dalam koordinasi antara BKM dengan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) secara kesinambungan. Lewat koordinasi diharapkan dapat mengurai masalah pemberdayaan dan pendidikan hingga masalah memajukan Usaha Mikro Kecil (UMK) yang tumbuh di kelurahan melalui berbagai program pemerintah.

Sutiaji dalam tanggapannya mengatakan, akan menindaklanjuti masukan dan aspirasi. Posisi BKM dinilai sangat strategis dalam upaya melakukan pemberdayaan dalam rangka memecahkan permasalahan sosial kemasyarakatan.

"Tadi ada masukan soal UMKM. Pemerintah sudah memprogramkan bagaimana nanti membantu UMKM ini bisa berkembang dengan baik melalui misalnya packaging yang baik dan kita kaitkan dengan tempat wisata, ini akan membantu pelaku UMKM menaikkan penjualannya," kata Sutiaji di ruang rapat Walikota, Senin (6/8).

Sutiaji juga menyinggung terkait arahan pemerintah pusat yang akan mengalokasikan dana kelurahan seperti halnya dana desa. Kata Sutiaji, harus dilakukan skema yang baik, sehingga dana tersebut nanti bisa bermanfaat bagi pengembangan daerah dan pemberdayaan masyarakat.

"Pemerintah sudah ada skema bagaimana nanti dana kelurahan ini tidak hanya untuk membangun infrastruktur saja, tapi juga untuk membangun ekonomi dan memberdayakan masyarakat," ucapnya.

Sutiaji juga menampung aspirasi pengurus BKM terkait dengan pemberdayaan masyarakat yang tinggal di bantaran sungai. Ia mengaitkan dengan upaya pengentaskan lingkungan bebas kumuh yang menjadi perhatian pemerintah.

"Harus ada terobosan untuk mengatasi masyarakat tersebut akan tetapi tidak menabrak aturan yang ada. Pemkot akan mencari jalan keluar tentunya dengan berkomunikasi dengan Kementerian PU sehingga ada petunjuk dan arahan dari pusat. Kami terus berupaya dalam menciptakan lingkungan bebas kumuh di Kota Malang," tandasnya.

Audiensi dengan pengurus BKM diharapkan mendijadi masukan dan acuan bagi pemerintah untuk bersama stakeholders membangun Kota Malang.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Kota Malang
  2. Pemkot Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA