1. MALANG
  2. PARIWISATA

Ranu Kumbolo, danau para pengembara di jalur pendakian Semeru

Ranu Kumbolo merupakan danau yang terletak di jalur pendakian gunung Semeru dan menjadi surga bagi para pengembara yang melewatinya.

Ranu Kumbolo © 2017 merdeka.com/Imam Buhori. ©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Senin, 10 April 2017 18:21

Merdeka.com, Malang - Gunung Semeru merupakan salah satu surga tujuan bagi para pendaki. Dengan ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl), gunung Semeru merupakan puncak dari pulau Jawa dan merupakan salah satu destinasi favorit bagi para pendaki selain karena ketinggiannya juga karena keindahan yang dimiliki oleh gunung tersebut.

Salah satu tujuan utama dan pos pemberhentian yang menjadi surga pada jalur pendakian ke puncak Mahameru adalah Ranu Kumbolo. Danau yang terletak di jalur pendakian ini merupakan danau air tawar tertinggi yang ada di Jawa Timur dengan ketinggian 2390 mdpl. Lokasi sekitar danau ini juga biasa digunakan sebagai pos untuk berkemah sebelum meneruskan perjalanan menuju puncak.

Dari namanya sendiri, Ranu memiliki arti sebagai danau dan Kumbolo memiliki arti pengembara sehingga tempat ini dapat diartikan sebagai danau para pengembara. Bahkan danau ini sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu terbukti dengan adanya sebuah prasasti di wilayah sekitar Ranu Kumbolo.

Ranu Kumbolo
© 2017 merdeka.com/Imam Buhori

Pada masa lalu, pendakian ke gunung Semeru sebagai puncak dari pulau Jawa merupakan sebuah perjalanan yang spiritual. Oleh karena ini di Ranu Kumbolo sebagai jalur pendakian juga ditemui prasasti yang menyebut bahwa air dari danau tersebut merupakan air suci.

Ranu Kumbolo sendiri saat ini dianggap sebagai salah satu surga keindahan yang ada di wilayah gunung Semeru. Pemandangan danaunya yang indah membuat banyak orang mendatanginya baik sekedar untuk berkemah di sana atau sebagai perhentian sementara sebelum melanjutkan perjalanan menuju ke arah puncak gunung Semeru.

Untuk menuju ke Ranu Kumbolo, dibutuhkan perjalanan kaki dengan jarak sekitar 10 kilometer. Perjalanan dimulai dari desa Ranu Pani yang merupakan pos terakhir sebelum berangkat mendaki ke gunung Semeru. Dari kota Malang sendiri, perjalanan menuju Ranu Pani dapat dilakukan dengan menyewa kendaraan langsung dari kota atau menuju ke Tumpang dulu sebelum berganti dengan Jip.

Ranu Kumbolo
© 2017 merdeka.com/Imam Buhori

Jalur perjalanan dari Ranu Pani ke Ranu Kumbolo sendiri dapat dilakukan dengan mengikuti jalur yang sudah disediakan. Jalanannya sendiri tidak terlalu sulit hanya pada beberapa titik saja cukup terjal dan tinggi. Walau begitu tentu dibutuhkan kesiapan fisik untuk menuju ke wilayah tersebut.

Sebelum mendaki menuju Ranu Kumbolo, selain persiapan fisik dan perbekalan, satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah mengurus perijinan. Pada saat ini, untuk mengurus perijinan mendaki Ranu Kumbolo ini dapat dilakukan secara daring (online) melalui website yang disediakan oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) berikut ini.

PILIHAN EDITOR

 

(RWP)
  1. Wisata Alam
  2. Wisata Sejarah
  3. Zona Turis
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA