1. MALANG
  2. PARIWISATA

5 Tempat yang jadi ikon kota Malang

Lima tempat ini wajib dikunjungi ketika berkunjung ke kota Malang karena merupakan penanda dan ciri khas dari kota pendidikan ini.

©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Senin, 28 Maret 2016 10:00

Merdeka.com, Malang - Selain sebagai kota pendidikan, Malang juga merupakan kota wisata yang dikunjungi banyak pelancong karena berbagai hal yang ada di dalamnya. Sejarah pendudukan Belanda di kota ini serta berbagai perkembangan yang terjadi setelahnya menyebabkan kota ini memiliki beberapa ikon yang cukup dikenal dan menjadi ciri khas dari kota Malang. Berikut 5 ikon kota Malang yang dapat dikenali orang dengan mudah.

1. Jalan Ijen

Jalan Ijen
©dkp.malangkota.go.id/dkp.malangkota.go.id

Jalan Ijen merupakan salah satu jalan paling indah dan berkesan bagi semua orang yang pernah melewatinya. Dibangun dalam bentuk boulevard dengan jajaran pohon palem di masing-masing sisi serta taman di bagian tengah membuat jalan ini sangat berbeda dan mudah dikenang. Bahkan pada masa awal pembuatannya, jalan ini disebut lebih indah dari Berlin yang merupakan kota paling modern dan indah pada masa itu. Terdapat beberapa titik di sepanjang jalan Ijen yang juga memiliki pemandangan menawan seperti monumen melati, museum Brawijaya, serta gereja Katedral Ijen.

2. Tugu

Tugu Balaikota Malang
©bakorwilmalang.jatimprov.go.id/bakorwilmalang.jatimprov.go.id

Tugu di kota Malang sebenarnya sudah dikenal sebagai taman sejak masa penjajahan Belanda. Pada masa lalu taman ini dikenal sebagai taman Jan Pieterzoon Coen dan belum memiliki tugu dengan bentuk lilin. Tugu ini sendiri merupakan salah satu tugu yang dibangun untuk merayakan kemerdekaan Indonesia. Selain mengandung banyak nilai sejarah, tugu ini juga memiliki pemandangan yang menawan dengan hiasan lampu-lampu dan air mancur di sekitarnya.

3. Alun-alun

Alun-alun Malang
© kelkiduldalem.malangkota.go.id/kelkiduldalem.malangkota.go.id

Tidak seperti kota lain, malang memiliki dua alun-alaun, yang pertama berada di depat balaikota dan dikenal sebagai alun-alun tugu, sedangkan yang satu lagi berada di depan masjid Jami' dan juga merupakan salah satu pusat keramaian di Malang. Lokasi alun-alun ini sebenarnya sudah ramai dan banyak dikunjungi oleh masyarakat sejak zaman dahulu. Namun perubahan yang terjadi terakhir di tahun 2015 telah menjadikan lokasi ini semakin memikat banyak orang baik warga kota Malang maupun dari luar kota.

4. Jalan kayutangan

Jalan kayutangan
© skyscrapercity.com/skyscrapercity.com

Jalan kayutangan merupakan salah satu jalan di kota Malang yang punya penampilan khas dan mudah diingat oleh orang. Berada dekat dengan alun-alun dan merupakan salah satu jalan poros di kota Malang, wilayah ini sangat disukai karena memiliki beberapa bangunan lawas serta nuansanya yang sangat khas. Walaupun saat ini sudah banyak bangunan kuno tersebut yang berubah bentuk dan dihancurkan,  namun jalan ini masih memiliki daya tarik dari bentuk jalan serta beberapa bangunan kuno yang tersisa.

5. Stasiun Kota Baru

Stasiun Kota Baru
© kekunaan.blogspot.com/kekunaan.blogspot.com

Lokasi ikonik selanjutnya dari kota Malang adalah stasiun Kota Baru. Stasiun kereta api utama milik kota Malang ini memiliki bentuk bangunan yang sangat unik dan mudah diingat. Selain itu lokasinya yang berhadapan langsung dengan alun-alun tugu membuatnya mudah diingat dan merupakan gerbang masuk kota Malang yang cukup menawan.

Itu lah 5 tempat yang jadi ikon di kota Malang dan wajib jadi tempat untuk kamu berfoto di sana.

 

(RWP)
  1. Jelajah Malang
  2. Taman
  3. Zona Turis
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA