1. MALANG
  2. PARIWISATA

Jalan-jalan ke Kampung Wisata Keramik Dinoyo, yuk!

Jalan-jalan ke Kampung Wisata Keramik Dinoyo di kota Malang, kamu bakal ketemu dengan berbagai jenis keramik lucu nan murah ini. Mau?

©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Kamis, 23 Februari 2017 14:09

Merdeka.com, Malang - Jalan-jalan ke kota Malang tak terasa lengkap, jika belum mampir ke Kampung Wisata Keramik Dinoyo. Layaknya nama yang disandang, masyarakat di wilayah ini sebagian besar bermatapencaharian sebagai pengrajin dan penjual keramik. Tak heran, jika sepanjang jalan di kampung ini, terdapat sederetan toko yang menjajakan berbagai jenis keramik lucu.

Cikal-bakal Kampung Wisata Keramik Dinoyo ini ternyata telah ada sejak tahun 1957. Semula, warga sekitar hanya memproduksi gerabah sederhana serta perlengkapan rumah tangga. Lambat laun, pengaruh keramik dari Cina mulai masuk ke Indonesia, termasuk di Malang. Bahan pembuatan keramik Cina mulai dipadukan dengan keramik berbahan lokal, dan melahirkan jenis keramik semi porselen. Hingga saat ini, perpaduan ini masih digunakan oleh para pengrajin keramik.

Sebenarnya, proses pembuatan keramik membutuhkan empat bahan utama, yakni bahan pengikat, bahan pelebur, bahan pengisi dan bahan tambahan. Kaolin, fire clay, ball clay, dan red clay merupakan bahan pengikat yang dibutuhkan untuk pembuatan keramik. Sedangkan untuk bahan pelebur, perajin biasanya menggunakan kapur dan fespal. Sebagai bahan pengisi, perajin menggunakan silika dan samot, serta talk, water glass dan pyrophilit sebagai bahan tambahan.

Kampung Wisata Keramik Dinoyo
© 2017 merdeka.com/Siti Rutmawati

Memasuki wilayah kampung wisata ini, memang ada yang baru dari penampilannya saat ini. Tepat di jalur masuk area kampung, kamu akan disambut dengan taman kecil yang bertuliskan 'Kampung Wisata Keramik Dinoyo'. Sederetan toko yang menjajakan berbagai jenis keramik yang lucu memberikan sensasi keindahan tersendiri. Terlebih, saat masuk ke dalam toko, berbagai jenis keramik lucu telah menanti. Harga yang dibanderol untuk setiap item terbilang cukup ramah di kantong pembeli.

Berbagai jenis keramik yang dijajakan meliputi mug, vas, cangkir mini, teko lucu, serta berbagai jenis hiasan dan souvenir. Nah, buat kamu yang membutuhkan rekomendasi untuk pembuatan souvenir lucu dengan harga miring, bisa mendapatkannya dengan mudah di Kampung Wisata Keramik Dinoyo ini.

Kampung Wisata Keramik Dinoyo
© 2017 merdeka.com/Siti Rutmawati

Keunikan keramik Dinoyo, terlihat pada corak, desain dan warna natural yang digunakan pada sebagian besar produknya. Keramik Dinoyo cenderung memiliki motif bunga dan daun dengan warna yang sejuk. Umumnya, keramik Dinoyo ini terbuat dari bahan dasar tanah liat dan porselen.

Berupaya meningkatkan minat para pengunjung, beberapa toko yang memproduksi keramiknya sendiri, akan memberikan kesempatan untuk merasakan sensasi membuat keramik. Biasanya, pengunjung diperkenankan untuk membuat keramik dengan menggunakan bahan keramik mentah glasir. Biasanya, bahan tersebut digunakan untuk membuat permukaan pada produk kerajinan.

Kampung Wisata Keramik Dinoyo
© 2017 merdeka.com/Siti Rutmawati

Nah, tertarik untuk berkunjung ke kampung Wisata Keramik Dinoyo, bukan? Lokasi kampung wisata ini tak jauh dari pusat kota Malang, tepatnya di Jalan MT Haryono XI, Dinoyo, kota Malang. Asiknya lagi, kamu tak perlu membayar biaya tiket untuk masuk ke kampung wisata ini. Menarik, bukan?

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Wisata Belanja
  2. Zona Turis
  3. Wisata Murah
  4. Kota Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA