1. MALANG
  2. PARIWISATA

Goa purba, wisata di atas jernihnya Coban Gintung

Menikmati jernihnya air Coban Gintung di Ampelgading. Uniknya, di atas coban ini terdapat gua peninggalan zaman purba yang dinamai Goa Purba.

Coban Gintung. ©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Minggu, 09 Juli 2017 06:36

Merdeka.com, Malang - Masyarakat menamainya dengan Goa Purba. Sebuah gua yang saat ini hanya ditempati oleh kelelawar hitam dengan bau yang cukup menyengat. Menurut warga sekitar, gua ini merupakan peninggalan zaman purba. Karena itulah gua ini dikenal dengan nama Goa Purba.

Belum banyak hal yang bisa digali dari Goa Purba ini, namun pemandangan di bawahnya akan memikat bagi siapapun yang melihatnya. Adalah Coban Gintung, air terjun dari kaki pegunungan yang elok dengan panorama yang masih alami. Mengingat, wisata yang satu ini memang belum dikelola secara rapi sebagai sebuah destinasi wisata alam.

Coban Gintung memiliki kubangan air menyerupai kolam tepat di bawah kakinya. Sehingga, wisatawan bisa memanfaatkannya sebagai tempat berenang. Namun, air coban ini sangat dingin, sehingga jarang sekali wisatawan yang betah berlama-lama di dalam air. Uniknya, di pinggir air terjun terdapat rumah pohon sederhana yang dibuat oleh masyarakat setempat. Sangat menarik untuk menikmati panorama coban Gintung dari atas rumah pohon ini. Bisa dibilang, rumah pohon ini juga menjadi ikon dari coban Gintung.

Kendati belum dikelola secara serius, lokasi wisata ini juga menyediakan beberapa fasilitas bagi wisatawan. Sebut saja kamar mandi, toilet, warung makan, dan lokasi parkir. Nah, dari lokasi parkir, kamu harus berjalan sekitar 400 meter untuk sampai di Coban Gintung. Sedangkan, Goa Purba terletak di atas coban dengan melewati sebuah jembatan bambu. Tiket masuk wisata ini dibanderol dengan harga Rp 5 ribu per orang.

Secara administratif, Goa Purba dan Coban Gintung ini terletak di desa Sidorenggo, kecamatan Ampelgading, kabupaten Malang. Jika berangkat dari pusat kota Malang, kamu akan menempuh jarak sekitar 75 kilometer. Kamu bisa melewati rute Gondanglegi - Turen - Dampit - Tirtoyudo - Ampelgading. Sampai di Ampelgading, kamu bisa mengikuti arah menuju Coban Sewu. Sampai di desa Sidorenggo, ambil arah ke Selatan hingga menemukan petunjuk arah menuju Coban Gintung.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Wisata Alam
  2. Zona Turis
  3. Air Terjun
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA