1. MALANG
  2. AREMANIA

Pemkab Malang bakal kembangkan konsep Desa Wisata untuk genjot sektor pariwisata

"Kami tetap fokus pada pengembangan Desa Wisata. Kami masih banyak mengajari masyarakat untuk menggunakan media sosial," kata Made Arya.

©2018 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Jum'at, 02 November 2018 19:29

Merdeka.com, Malang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang kini tengan fokus dalam mengembangkan konsep desa wisata. Dilansir dari Antara, desa wisata ini menjadi salah satu upaya untuk membuka dan memaksimalkan potensi sektor pariwisata khususnya dalam mendatangkan wisatawan baik dari dalam negeri maupun wisatawan mancanegara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara mengatakan dari tahun ke tahun, pengembangan konsep Desa Wisata melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Malang terus mengalami peningkatan.

"Kami tetap fokus pada pengembangan Desa Wisata. Kami masih banyak mengajari masyarakat untuk menggunakan media sosial," kata Made Arya.

Berdasar catatan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang, jumlah Pokdarwis tercatat mengalami peningkatan sejak 2013, dimana pada tahun tersebut, hanya ada sebanyak lima Pokdarwis. Jumlah tersebut meningkat hingga 2018, yang menjadi 85 Pokdarwis.

Beberapa contoh Desa Wisata yang sudah mulai berkembang dan menggeliatkan sektor pariwisata Kabupaten Malang adalah, Desa Wisata Ngadas. Desa tersebut masuk dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, dan merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa.

Selain Desa Wisata Ngadas, Kabupaten Malang juga memiliki Desa Poncokusumo yang terletak di kaki Gunung Semeru. Desa tersebut memiliki potensi agro wisata, dikarenakan produksi hortikultura di desa tersebut sangat tinggi. Para wisatawan bisa menikmati wisata petik apel, pengolahan sari apel, agro bunga krisan, termasuk aneka kesenian daerah.

Pemerintah Kabupaten Malang memprioritaskan tiga sektor utama pada pembangunan tahun 2019, yang meliputi percepatan pengurangan angka kemiskinan, optimalisasi sektor pariwisata, dan pelestarian serta perlindungan lingkungan hidup.

Optimalisasi sektor pariwisata di Kabupaten Malang, hingga saat ini masih terkendala penguasaan wilayah. Banyak potensi objek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Malang, dikuasai oleh Perum Perhutani, dan belum dikelola oleh pemerintah daerah.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Wisata Alam
  2. Kabupaten Malang
  3. Pariwisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA