1. MALANG
  2. PARIWISATA

Memandang bias pelangi dari percikan air coban

Coban yang terletak di desa Gubugklakah, kecamatan Poncokusumo ini memiliki bias pelangi yang muncul dari percikan air terjun pada jam tertentu.

Coban Pelangi © siwimulyoto.wordpress.com. ©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Kamis, 14 Juli 2016 19:02

Merdeka.com, Malang - Wilayah Malang Raya merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup menjadi favorit di Jawa Timur. Daerah dataran tinggi dengan berbagai keelokannya serta bentang pantai yang indah menjadikan daerah ini menjadi tujuan bagi banyak pelancong. Salah satu tujuan wisata yang indah dan jarang terjamah adalah air terjun yang berada di wilayah Tumpang, kabupaten Malang ini.

Coban pelangi merupakan salah satu air terjun yang berada di wilayah konservasi alam  serta masih menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Terletak di desa Gubugklakah, kecamatan Poncokusumo, kabupaten Malang, air terjun ini berada di jalan menuju ke wilayah gunung Bromo serta Semeru dari arah Tumpang.

Lokasi pintu masuk ke wilayah Coban Pelangi akan mudah ditemui melalui jalur utama dari Tumpang ke arah Jemplang atau Ranupani. Pintu utama tersebut merupakan loket serta tempat parkir sebelum kemudian melanjutkan jalan kaki ke wilayah Coban Pelangi.

Dari pintu masuk, butuh berjalan sejauh satu kilometer sebelum akhirnya sampai di lokasi air terjun. Jalur yang ditempuh cukup naik turun dan di beberapa tempat cenderung licin dan berbatu sehingga pastikan menggunakan alas kaki yang tepat serta berada dalam kondisi fisik yang cukup prima.

Namun perjalanan tersebut akan terbayar lunas ketika sudah menemui air terjun ini. Terutama ketika berada di lokasi pada waktu yang tepat dan menemukan bias cahaya yang bertemu percikan air sehingga menghasilkan pelangi. Dari bias warna yang muncul inilah nama Coban Pelangi muncul.

Coban Pelangi
© nusantraveller.com/nusantraveller.com

Pelangi ini juga biasanya muncul pada kisaran waktu pukul 10.00 - 14.00 saja ketika cahaya matahari dapat masuk ke wilayah air terjun ini. Karena masih cukup rapatnya hutan serta pepohonan di wilayah sekitar, maka pelangi ini tidak muncul setiap waktu, namun di sisi lain hal itulah yang tetap menjaga keasrian dan kelestarian tempat ini.

Karena berada di jalur menuju gunung dan berada di daerah yang cukup tinggi, Coban Pelangi memiliki suhu yang cukup dingin. Pastikan memakai pakaian hangat atau membawa baju ganti ketika ke air terjun ini karena hawa dingin yang bertemu dengan percikan air atau baju yang basah dapat membuat tubuh menggigil dan liburan jadi tak nyaman.

Lokasi Coban Pelangi terletak tidak terlalu jauh dari Tumpang. Dari pusat kota Malang sendiri, setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam menuju Coban Pelangi. Sayangnya masih belum ada kendaraan umum dari Tumpang menuju ke Coban Pelangi sehingga pengunjung harus membawa kendaraan sendiri.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Wisata Alam
  2. Kabupaten Malang
  3. Air Terjun
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA