1. MALANG
  2. KULINER

Mampir sejenak di 5 surga pecinta rawon di kota Malang

Punya cita rasa yang bikin lidah ketagihan, lima warung ini jadi surga para pecinta rawon di kota Malang. Pernah cicip?

©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Rabu, 06 September 2017 19:06

Merdeka.com, Malang - Siapa tak kenal dengan makanan berkuah hitam manis ini. Ya, Rawon merupakan masakan khas Indonesia berupa sup daging sapi berkuah hitam. Kuah warna hitam itu sendiri bersala dari campuran rempah kluwek yang terkandung di dalamnya.

Rawon sangat mudah ditemukan di warung-warung maupun rumah makan, khususnya yang menyuguhkan menu makanan tradisional. Di kota Malang sendiri, terdapat sederetan warung yang menyodorkan rawon dengan cita rasa yang istimewa. Berikut merupakan lima warung yang jadi surga pecinta rawon di kota Malang versi Merdeka.com. Pernah cicip?

1. Rawon di Inggil Resto
Nama Resto yang satu ini memang terbilang populer di kota Malang. Memasukkan konsep jadul dalam desain interiornya, Inggil seolah membawa para tamu yang singgah di restonya kembali ke masa tempo dulu. Senada dengan konsep interiornya, Inggil pun menyodorkan sederetan kuliner tradisional Indonesia. Sebut saja, sate ayam, rawon, pecel terong, nasi goreng, wedang jahe, sinom, jamu kebon agung dan lainnya.

Bicara soal menu, salah satu makanan yang wajib kamu coba di resto ini adalah Rawon Buntut. Kuah rawon yang segar dan gurih membuatnya sangat nyaman di lidah dan di perut. Terlebih, jika disandingkan dengan empal dan paru goreng khas Inggil yang legendaris.

2. Rawon Nguling
Bicara soal rawon legendaris di kota Malang, mampir di Warung Nguling bakal jadi pilihan tepat. Kuah rawon di warung ini hampir serupa dengan kuah rawon Inggil. Yakni, segar dan gurih dengan rasa kluwek yang tak begitu pekat.

Jika kamu mampir ke warung ini, kamu bisa memilih untuk menikmati Nasi Rawon maupun Rawon Dengkul. Harga yang dibanderol untuk seporsi nasi rawon masih berkisar di Rp 20-an ribu. Sedangkan semangkuk besar Rawon Dengkul dibanderol dengan harga sekitar Rp 60-an ribu.

3. Rawon di Warung Soto Rampal
Selain Rawon Nguling, rawon di Warung Soto Rampal ini pun masuk dalam list kuliner legendaris di Kota Malang. Berdiri sejak 1957, kualitas rawon di warung ini bisa diadu. Kuah rawon yang gurih dan kental membuat lidah ketagihan.

Warung ini juga menyediakan beberapa menu pendamping rawon yang wajib kamu coba. Sebut saja, empal daging, babat, otak sapi, dan lainnya. Teksturnya yang empuk dengan balutan bumbu yang melimpah, bisa bikin kamu ketagihan makan di warung ini.

4. Rawon Brintik
Kendati hanya berlokasi di warung sederhana, rasa rawon di Warung Nasi Brintik ini wajib kamu coba. Menggunakan teknik memasak yang sama sejak berdiri 1943 silam, merupakan salah satu cara dari warung ini untuk mempertahankan kualitas rasa rawon yang dibuatnya.

Seporsi Nasi Rawon Brintik hanya dibanderol dengan harga Rp 25 ribu saja. Harga ini tentu sebanding dengan kualitas rasa rawon yang telah dipertahankan selama empat generasi.


5. Rawon di Depot Indah Jaya
Rawon di Depot ini lebih populer dengan sebutan Rawon Stasiun, karena memang lokasinya yang dekat dengan Stasiun Kota Baru. Keistimewaan dari Rawon Stasiun ini terletak pada irisan dagingnya yang cukup besar dengan kuah yang gurih.

Jika berkunjung ke kota Malang dari arah stasiun, tak ada salahnya jika kamu mampir sejenak di depot ini. Depot Indah Jaya ini terletak di Jalan Trunojoyo No 2-5 Kota Malang.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Kuliner
  2. Zona Turis
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA