1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Kota Malang menangi lomba jajanan sekolah dan cipta menu Hari Pangan

Kota Malang meraih prestasi dalam ajang peringatan Hari Pangan se-Dunia ke-38 Tingkat Provinsi Jawa Timur.

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Rabu, 07 November 2018 08:13

Merdeka.com, Malang - Kota Malang meraih prestasi dalam ajang peringatan Hari Pangan se-Dunia ke-38 Tingkat Provinsi Jawa Timur di Hall JX International Convention Exhibition Surabaya, Senin (5/11). Dua penghargaan diraih yakni lomba jajanan sekolah yang diberikan pada SD Islam Plus Al Kautsar sebagai Juara I (Pertama). Sementara kategori lomba cipta menu, PKK Kelurahan Tulusrejo meraih juara Ke-2.

"Ini menunjukkan bahwa tingkat konsumsi warga kota Malang makin variatif dan makin sadar kualitas serta hieginitas menu," kata Wali Kota Malang, Sutiaji.

Saat mengunjungi stand jajanan sekolah dan stand lomba cipta menu, Sutiaji telah mengutarakan optimismenya akan memenangi perlombaan. Karena memang produk karya yang disajikan dinilai memiliki bobot tinggi dan kualitas.

"Yang pasti variatif, kemasalahatan menarik, mampu meng-eksplore menu non beras dan kandungan gizinya juga terjaga. Sehingga tadi saya sampaikan ke Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, kota Malang pasti masuk nominasi dan meraih prestasi," imbuhnya.

Sementara Sri Winarni, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang mengatakan kemenangan tersebut merupakan buah kerja bersama sekaligus komitmen yang selalu dijaga dalam mewujudkan keanekaragaman pangan yang sehat.

"Selama ini kita tiada henti melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, termasuk menggandeng aktif peran PKK dalam mewujudkan program ketahanan pangan di kota Malang," ujar Winarni.

Program pengembangan makanan olahan maupun produk pasca panen, akan terus fokus digarap kota Malang. Ini memperhatikan, di Jawa Timur ada sekitar 7,5 juta UKM yang bergerak di usaha olahan makanan.

"Selain segmen pasar yang potensial, itu juga mendasarkan atas keterbatasan lahan pertanian yang dimiliki kota Malang, sehingga kita lebih berfokus pada olahan pangan dan pengembangan teknologi pasca panen," imbuh mantan Kabag Pemerintahan Kota Malang itu.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Kuliner
  2. Kota Malang
  3. Pemkot Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA