1. MALANG
  2. KABAR MALANG

37 Calon jemaah umrah di Malang laporkan Abu Tours ke Polresta Malang

Pelaporan itu terkait tidak sesuai pernyataan dari Abu Tours soal pemberangkatan yang harusnya terjadwal sesuai dengan uang yang sudah disetorkan

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Rabu, 28 Maret 2018 15:12

Merdeka.com, Malang - 37 calon jemaah umrah di Malang melaporkan kasus penipuan Abu Tours ke Polres Malang Kota. Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, pelaporan itu terkait tidak sesuainya pernyataan dari Abu Tours soal pemberangkatan yang harusnya terjadwal sesuai dengan uang yang sudah disetorkan, ternyata tidak terlaksana.

"37 orang melaporkan dan sudah dilakukan pemeriksaan. Kami memanggil perwakilan Abu Tours yang ada di Malang. Di Malang juga ada bukan hanya di Surabaya," kata Barung, Selasa (27/3).

Barung menjelaskan, dari keterangan perwakilan Abu Tours, semua uang perjalanan dan setoran dari nasabah untuk umrah itu sudah disetorkan ke pusat yang ada di Makassar, Sulawesi Selatan dengan memberikan bukti-bukti kepada polisi.

Barung memperkirakan selain 37 korban tersebut, ada ratusan lagi yang dirugikan. Untuk mengantisipasi hal itu, Polda Jatim mengimbau masyarakat yang menjadi korban segera melaporkan untuk direkapitulasi dan selanjutnya dilaporkan ke pusat, karena kasus itu sendiri Mabes Polri yang bekerja sama dengan Polda Sulawesi Selatan.

"Dari rekapitulasi itu nanti disampaikan, sesuai dengan jumlah nasabah, jumlah setoran. Buktinya bekerja sama dengan Kementerian Agama mentransferkan itu kemudian meneruskan ke Sulawesi Selatan untuk penanganan secara komprehensif," ujarnya.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Peristiwa
  2. Kota Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA