1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Kurangi kemacetan, Pemkot minta Universitas tidak gelar wisuda pada akhir pekan

Pemerintah Kota Malang bakal meminta universitas dan perguruan tinggi di Kota Malang untuk melakukan penyesuasian jadwal wisuda.

©2018 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Jum'at, 31 Agustus 2018 18:11

Merdeka.com, Malang - Pemerintah Kota Malang bakal meminta universitas dan perguruan tinggi di Kota Malang untuk melakukan penyesuasian jadwal wisuda. Dilansir dari Antara, perubahan jadwal dari yang biasanya akhir pekan ini dilakukan untuk mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas.

Plt Wali Kota Malang Sutiaji mewacanakan hal tersebut sehubungan dengan meningkatnya volume kendaraan bermotor pada akhir pekan. Selama ini, pelaksanaan wisuda yang jatuh pada akhir pekan menyebabkan kemacetan luar biasa di wilayah Kota Malang.

"Itu memang otoritas dari masing-masing perguruan tinggi, tapi kita minta, memohon, karena kondisi Kota Malang sudah penuh setiap Sabtu-Minggu," kata Sutiaji, di Balai Kota Malang.

Wilayah Malang Raya yang merupakan gabungan dari tiga wilayah yakni Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu adalah destinasi tujuan wisata khususnya saat akhir pekan. Jika jadwal penyelenggaraan wisuda jatuh pada akhir pekan, maka volume kendaraan akan meningkat drastis.

Dengan kondisi tersebut, ruas-ruas jalan di Kota Malang, termasuk ke Kota Batu serta wilayah Kabupaten Malang akan dipadati kendaraan bermotor, dan kemacetan tidak terelakkan.

"Seyogyanya, kalau wisuda itu tidak jatuh pada waktu 'weekend'," ucap Sutiaji.

Saat ini, Kota Malang menjadi salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki tingkat kemacetan cukup tinggi. Berdasarkan survei dari Inrix pada 2017, Kota Malang menempati posisi kota termacet ketiga di Indonesia, di bawah Jakarta dan Bandung.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Kampus
  2. Kota Malang
  3. Pemkot Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA