1. MALANG
  2. PARIWISATA

Bersantai dan bersenang-senang di waduk Selorejo

Waduk Selorejo merupakan salah satu lokasi wisata yang lengkap dan memiliki banyak fasilitas penunjang.

©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Sabtu, 19 November 2016 00:16

Merdeka.com, Malang - Dengan bentang wilayah yang cukup luas, tak heran bahwa wilayah Malang Raya memiliki hampir seluruh objek wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari gunung hingga laut, Malang Raya dipenuhi oleh berbagai tempat wisata yang indah dan sangat menyenangkan untuk menghabiskan waktu.

Salah satu objek wisata yang memiliki banyak kegiatan yang dapat dilakukan adalah di waduk atau bendungan Selorejo yang terletak di kecamatan Ngantang, kabupaten Malang. Waduk ini sendiri merupakan sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang mulai dibangun pada tahun 1963 dan diresmikan pada tahun 1973.

Waduk ini membendung aliran sungai Konto yang cukup besar mengalir di wilayah tersebut serta beberapa sungai lain seperti Lahar Kletak, kali Kwayangan, dan beberapa sungai kecil lain. Nama Selorejo sendiri berasal dari nama desa yang dulu ditenggelamkan untuk menghasilkan bendungan itu saat ini.

Waduk ini sendiri memiliki fasilitas yang cukup lengkap bahkan terdapat hotel dan cottage untuk menginap di sisi danau. Selain itu disediakan pula berbagai tempat hiburan untuk berkemah, bermain tenis, area outbond serta berbagai olahraga air seperti kayak dan banana boat.

Namun jika ingin lebih santai dan melakukan kegiatan yang mengenyangkan perut maka dapat berwisata ke kebun jambu dengan naik berbagai kapal yang menawarkan jasa mengantar ke tempat tersebut. Di kebun jambu ini, pengunjung dapat memilih dan memetik sendiri jambu yang mereka sukai sebelum kemudian menimbang dan membayarnya. tentu saja harganya cukup murah dan juga rasanya sangat segar dan lezat.

Jembatan Waduk Selorejo
© flickr.com/photos/yutamufti//flickr.com/photos/yutamufti/

Waduk Selorejo ini juga merupakan salah satu tujuan utama di Malang bagi orang yang hobi memancing. Baik memancing langsung di pinggir waduk atau menyewa perahu dan memancing di tengah-tengahnya, lokasi ini tidak pernah sepi dari para pemancing yang menggantungkan nasib dan keberuntungan mereka pada kail.

Hal lain yang menjadi ciri khas dari waduk Selorejo ini adalah jembatan gantungnya yang cukup panjang. Walau banyak orang yang ngeri karena jembatan ini terus bergoyang, namun jembatan gantung ini adalah salah satu spot foto favorit serta penanda utama dari waduk Selorejo ini.

Hal lain yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Selorejo adalah mampir ke deretan penjual makanan yang ada di sekitar Waduk. Sebagian besar penjual ini menyediakan ikan yang masih segar seperti mujaer, wader serta berbagai ikan air tawar lain yang biasanya digoreng dan disajikan dengan sambal yang begitu lezat sambil menikmati pemandangan di sekitar waduk.

Jadi, jika ingin datang ke sebuah lokasi wisata yang cukup lengkap dan ingin melakukan berbagai macam hal sambil bersantai dengan semilir angin pegunungan, Waduk Selorejo merupakan tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Wisata Alam
  2. Zona Turis
  3. Kabupaten Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA