1. MALANG
  2. PARIWISATA

Berendam di hangatnya sumber mata air Cangar

Cangar terkenal sebagai salah satu pemandian alami yang memiliki sumber air panas dan menjadi favorit berbagai kalangan.

©2016 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Sabtu, 22 Oktober 2016 00:26

Merdeka.com, Malang - Ketika berbicara mengenai wisata air panas di wilayah Malang, sudah tentu pikiran semua orang pasti langsung akan mengarah ke pemandian air panas Cangar. Cangar sendiri sesungguhnya masuk dalam wilayah kota Batu dan berbatasan langsung dengan wilayah kabupaten Mojokerto. Tempat ini merupakan salah satu obyek wisata yang cukup murah dan tak lekang oleh waktu.

Pemandian air panas Cangar sendiri terletak di kaki gunung Welirang dan dihimpit oleh suasana khas pegunungan yang hijau dan sejuk. Untuk menemukannya sangat mudah karena terletak di jalan utama yang menghubungkan wilayah Batu dengan Mojokerto. Pemandian ini sendiri masuk dalam wilayah Tahan Hutan Rakyat (Tahura) R. Soerjo sehingga membuat suasana hutan di sekelilingnya tetap asri dan terjaga.

Dari pusat kota Batu, butuh waktu sekitar 30-40 menit untuk mencapai ke pemandian ini. Jalan yang dilewati sudah sangat mulus walaupun menanjak dan berkelok-kelok melintasi perkebunan dan hutan. Namun perjalanan itu tentu saja sepada dengan hal yang menunggu ketika sampai ke Cangar ini.

Ongkos masuk ke pemandian ini cukup murah yaitu sekitar Rp. 5.500. Di sekitar loket dan tempat parkir juga terdapat banyak penjual makanan dan jajanan yang akan membantu mengisi perut jika keroncongan. Namun tentu saja daya tarik utamanya adalah air panas yang akan membuat badan segar kembali dan menghilangkan lelah.

Di dalam Cangar sendiri, terdapat beberapa jenis kolam yang bisa digunakan untuk berenang atau sekedar berendam saja. Terdapat kolam yang sudah dilapisi tegel layaknya kolam renang di tempat lain. Lalu ada juga sebuah kolam yang dibuat khusus untuk berendam. Pada kolam yang khusus untuk berendam ini, secara penampilan memang masih terlihat kuno selain itu air yang ada juga sangat panas jika dibandingkan yang lainnya.

Kolam berendam dengan air yang sangat panas ini dipercaya memiliki tuah dan manfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis masalah dan penyakit terutama di bagian kulit. Itu lah yang menyebabkan kolam itu selalu penuh baik oleh orang tua maupun muda, mereka percaya bahwa berendam di kolam itu dapat membuat tubuh lebih sehat.

Setelah puas berendam, di Cangar ada satu hal lagi yang harus dicicipi yaitu tape ketan hitam. Sebenarnya tidak ada yang terlalu khas dari tape ketan hitam yang banyak di jual di sana, namun karena suda cukup lama dan menjadi tradisi serta rasanya yang terasa jauh lebih lezat setelah berendam air panas, maka makanan yang satu ini tidak boleh dilewatkan.

Berangkat ke Cangar paling tepat jika dilakukan di pagi hari buta. Ketika sampai pada waktu yang masih pagi tersebut, maka akan lebih terasa nikmatnya hawa dingin yang terusir ketika tubuh bersentuhan dengan panasnya air. Yang jelas, Cangar merupakan destinasi wisata air panas di Batu yang wajib kamu coba.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Wisata Alam
  2. Zona Turis
  3. Wisata Murah
  4. Kota Wisata Batu
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA