1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Abah Anton raih Upakarya Wanua Nugraha

Abah Anton mengatakan, keberhasilan yang diraih tidak terlepas dari kerja sama semua elemen di Kota Malang.

©2017 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Selasa, 03 Oktober 2017 08:45
Wali Kota Malang, H Mochammad Anton meraih penghargaan Upakarya Wanua Nugraha dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI). Penyerahan penghargaan digelar di The Media Hotel and Towers Jakarta, Senin (2/10) malam. 
 
Penghargaan diserahkan oleh Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Dr. Nata Irawan, SE, M.Si mewakili Mendagri Tjajo Kompol. 
 
Wali Kota Malang menjadi satu satunya, pemimpin daerah di Pulau Jawa yang meraih Upakarya Wanua Nugroho. Penghargaan diberikan karena prestasi Kota Malang dalam melahirkan inovasi di tingkat kelurahan. 
 
"Penghargaan diberikan kepada Kepala Daerah yang dinilai berhasil membina dan melahirkan inovasi di tingkat kelurahan/desa," tegas Direktur Evaluasi Perkembangan Desa Kemendagri RI,  Dr. Eko Prasetyanto PP di Jakarta, Senin (2/10). 
 
Kata Eko, seleksi dilakukan terhadap 279 kandidat dari tingkat provinsi maupun Kota/Kabupaten. Bobot penilaian di antaranya keberhasilan dalam lomba kelurahan/desa tingkat nasional serta keberhasilan menggerakkan partisipasi masyarakat serta inovasi di wilayahnya. 
 

Abah Anton raih Upakarya Wanua Nugraha
© 2017 merdeka.com/Humas Pemkot Malang

Sementara itu, Walikota Malang H Mochammad Anton usai menerima penghargaan mengatakan, keberhasilan yang diraih tidak terlepas dari kerja sama semua elemen di Kota Malang. Kesuksesan tersebut ditopang oleh penguatan program yang mampu menstimulus pemberdayaan masyarakat, seperti penyelenggaraan Otonomi Award Kecamatan/Kelurahan, Lomba Kampung Hijau dan Bersih, Blusukan Dua Mingguan hingga menumbuhkembangkan kampung tematik. 
 
"Prestasi ini adalah momentum yang harus terus kita jaga. Karena ini teraih adanya energi kebersamaan dan nilai kompetisi untuk memberikan karya terbaik. Maka, saya mengamini pesan dari Presiden dan juga kementerian,  agar terus mengobarkan dan fokus pada semangat kerja, kerja dan kerja," tegas Anton. 
 
Sementara Dirjen Pemdes Kemendagri, Nata Irawan menyatakan, Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (PINDESKEL II) 2017 diselenggarakan untuk mendorong semangat daerah agar berpacu dalam kerja yang berbasis inovasi. 
 
"Inovasi tersebut diharapkan menumbuhkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," katanya. 
 
Selain Wali Kota Malang, Gubernur Jawa Timur Soekarwo juga menerima penghargaan Upakarya Wanua Nugraha. 
 
Sementara itu, di lokasi berbeda tim Penggerak PKK Kota Malang juga berhasil meraih juara nasional pembinaan PKK tingkat nasional. Tim di bawah komando Umi Farida Anton mewakili Jawa Timur dalam lomba Program HATINYA PKK, yakni program penataan Halaman, Asri,  Teratur, Indah dan Nyaman. 
 
PKK Kota Malang dinilai berhasil mewujudkan pembinaan di tingkat kelurahan, dengan munculnya pola pemanfaatan pekarangan secara ekonomis,  berwawasan lingkungan, asri dan hijau. Penganugerahan digelar di Mercure Ancol Jakarta,  Senin (2/10) malam.
 
(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Abah Anton
  2. Ngalam Kipa
  3. Kota Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA