1. MALANG
  2. AREMANIA

Arema FC ungkap alasan mereka gabung dalam FKSPI

Arema FC mengaku memiliki perjuangan yang sama dengan klub-klub lain yang tergabung di FKPSI.

©2017 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Jum'at, 06 Oktober 2017 08:30

Merdeka.com, Malang - Arema FC mengungkap alasan mereka tergabung dalam Forum Klub Sepakbola Profesional Indonesia (FKSPI), yang mengajukan sejumlah tuntutan pada PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), sebagai operator Liga 1. Dilansir dari Bola.net, Arema FC mengaku memiliki perjuangan yang sama dengan klub-klub lain yang tergabung di FKPSI.

"Sebagai sesama klub peserta Liga 1, kami memiliki perjuangan yang sama dengan klub-klub lain di FKSPI," ujar Media Officer Arema FC, Sudarmaji.

Sudarmaji menjelaskan bahwa tuntutan FKSPI merupakan bentuk saran dan kritik pada operator. Mereka berharap agar kompetisi ini bakal berakhir dengan baik pada November.

"Ini murni untuk menyelamatkan kualitas kompetisi ini," tuturnya.

Sebelumnya, 15 klub Liga 1 yang tergabung dalam FKSPI menuntut adanya sejumlah perbaikan pada PT LIB selaku operator kompetisi. Mereka menyoroti dan menuntut kejelasan pada tiga aspek yaitu bisnis, teknis, dan legal.

PT LIB sendiri dianggap kurang transparan terkait sponsor keuangan, besaran subsidi, jaminan hukum dan transparansi aturan. Sementara itu kesepakatan atau legal standing yang sudah ditandatangani oleh klub di awal kompetisi oleh klub justru tidak dikembalikan lagi oleh PT LIB, sehingga klub-klub kesulitan mengetahui tanggung jawab dan menagih hak mereka.

Sementara itu, Media Officer Persipura Jayapura, sekaligus juru bicara FKSPI, Ridwan Bento Madubun menyatakan bahwa mereka memberi waktu 14 hari kepada PT LIB untuk mengembalikan hak dan komitmen yang menjadi kesepakatan bersama. Jika tidak, mereka mengaku siap berhenti dari kompetisi tersebut untuk sementara waktu.

"Kami masih respect dengan LIB. Apabila dalam 14 hari, tidak dikembalikan perjanjian hukum itu maka kami sepakat berhenti. Apabila masih tidak ada (tanggapan), kami akan pertimbangkan lagi apakah kami berhenti berkompetisi secara permanen," tegasnya.

Terkait tuntutan ultimatum FKSPI ini, Arema FC mengaku optimis PT LIB bakal memberi respons yang positif agar klub batal mogok. Menurut Sudarmaji, mereka yakin bahwa operator bisa menangani tuntutan klub.

"Aset sepakbola ini adalah kompetisi dan klub peserta. Karenanya, harmonisasi antara operator dan klub - yakni pengelolaan aspek teknis, legal dan bisnis sangat penting. Arema sangat berkepentingan dengan langkah operator secara cepat dan efektif agar perjalanan kompetisi ini tak merugikan klub," tandasnya.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Kabar Arema
  2. Arema FC
  3. Liga 1
  4. PT LIB
  5. FKSPI
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA