1. MALANG
  2. KABAR MALANG

RSSA Malang libatkan 40 spesialis untuk tes kesehatan 14 paslon

Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang melibatkan 40 dokter spesialis dari berbagai ilmu untuk tes kesehatan bakal calon kepala daerah.

©2016 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Jum'at, 12 Januari 2018 15:06

Merdeka.com, Malang - Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang melibatkan 40 dokter spesialis dari berbagai ilmu untuk tes kesehatan bakal calon kepala daerah. Hari ini merupakan hari kedua 14 pasangan atau 28 bakal calon menjalani tes kesehatan.

Ketua Tim Pemeriksaan Pilkada Jawa Timur, I Wayan Agung Indrawan mengatakan, pemeriksaan meliputi fisik dan psikologi dengan melibatkan RSSA dan lembaga lain. Namun semuanya di bawah koordinasi RSSA.

"Tes psikologinya dilakukan oleh Himpunan Psikologi Indonesia, kalau narkoba oleh BNN. Untuk pemeriksaan fisiknya oleh Tim dari RSSA. Sebanyak 40 dokter spesialis ada jantung, paru-paru dan lain-lain," kata I Wayan Agung Indrawan di RSSA, Kamis (11/1).

Tes psikologi meliputi tes intelegensi, kepribadian, MMPI dan psikiatri. Sementara tes fisik meliputi pemeriksaan laboratorium, narkoba, jantung, THT dan mata.

Khusus tes psikologi, para dokter Jumat (12/1) sudah mulai dikarantina. Selanjutnya Senin dilakukan rapat pleno dan sudah diketahui hasilnya.

"Hasilnya selesai kita kiriman ke masing-masing KPU, selambat-lambatnya tanggal 16 Januari. Sesuai jadwal," tegasnya.

Hasilnya berupa rekomendasi layak dan tidak layak, nantinya juga ada rekomendasi tentang penyakit bakal calon bisa diobati atau tidak.

Para calon yang menjalani tes dibagi dalam 2 kelompok. Kelompok A terdiri dari bakal calon asal Kota Malang, Kabupaten Pasuruan dan Kota Probolinggo. Kelompok A menjalani ujian psikologi dan psikiatris Kamis (11/1). Sementara tes fisik dilakukan Jumat (12/1).

Sementara Kelompok B, terdiri bakal calon asal Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Lumajang menjalani tes fisik. Jadwal kelompok berbalik dengan kelompok A.

Sementara itu, nama-nama bakal calon kepala daerah yang mengikuti tes meliputi terdiri dari Kota Malang; Mochammad Anton-Syamsul Mahmud, Yaqud Ananda Gudban-Wanedi, Sutiaji-Sofyan Edy Jarwoko. Dari Kabupaten Lumajang terdiri dari Thoriqul Haq-Indah Amperawati, As'at Malik-Thoriq Alkatiri, Rofiq-Nurul Huda.

Pasangan calon asal Kabupaten Bondowoso yakni Salwa Arifin-Irwan Bachtiar Rachmat, Ahmad Dhafir dan Hidayat. Pasangan tunggal bakal calon asal Kabupaten Pasuruan, Irsyad Yusuf-Mujib Ridwan.

Pasangan asal Kota Probolinggo meliputi Fernanda Zulkarnaen-Zulfikar Imawan, Hadi Zainal Abidin-Muhammad Saufis Subri, Syamsu Alam-Kulub Widiyono, Suwito-Veri Rahyuwono dan Sukirman-Abdul Aziz.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Kota Malang
  2. Pilwali 2018
  3. Pilgub Jatim 2018
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA