1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Persatuan, kebersamaan, dan prestasi jadi pesan pada peringatan Hari Lahir Pancasila

Tugas dan tanggung jawab Warga Negara Indonesia memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran.

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Minggu, 03 Juni 2018 10:47

Merdeka.com, Malang - Pancasila sebagai falsafah dan dasar negara menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Tugas dan tanggung jawab Warga Negara Indonesia memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran.

"Kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi," kata Wali Kota Malang (Pjs) Wahid Wahyudi membacakan sambutan Presiden Joko Widodo dalam peringatan Hari Lahir Pancasila, Jumat (1/5).

Presiden juga menitipkan pesan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. Serta mengajak bersatu dalam upaya menjadikan bangsa yang kuat, besar dan bangsa pemimpin.

Semangat berbagi antar anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama juga merupakan sebuah keharusan. Semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus terus dipupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Modal semangat dan energi kebersamaan, bangsa Indonesia akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi.

"Kita harus percaya diri dan berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif. Kita harus memperkokoh kekuatan kolektif bangsa dan tidak boleh menghambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan," bacanya.

Peringatan hari lahir pancasila di setiap tanggal 1 juni ini harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu, dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

"Saatnya kita berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial," lanjutnya.

Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya.

Pemerintah Peringatan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan Jumat (1/6) di halaman depan Balaikota Malang. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Pjs Walikota Malang, Wahid Wahyudi.

Upacara tersebut juga dihadiri oleh Forkopimda Kota Malang, DPRD Kota Malang, TNI / Polri serta Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Malang.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Kota Malang
  2. Pemkot Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA