1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Tinggal satu titik tol Jakarta-Surabaya belum tersambung sebelum mudik Lebaran

Jalur tol sepanjang 760 Km antara Jakarta-Surabaya secara fungsional dapat digunakan mudik Lebaran.

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Minggu, 03 Juni 2018 14:42
Jalur tol sepanjang 760 Km antara Jakarta-Surabaya secara fungsional dapat digunakan mudik Lebaran. Hingga saat ini dua titik belum tersambung, Tol Kali Kutho Kendal yang berada di proyek pembangunan Tol Batang - Semarang dan jembatan Kali Kenteng.
 
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono mengatakan sebelum mudik Lebaran, Kali Kutho diperkirakan sudah tersambung. Sehingga tinggal satu titik yakni jembatan Kali Kenteng. 
 
"Kalau yang Kali Kutho masih belum bisa nyambung, baru bisa nyambung H-3 atau H-2. Beberapa hari lalu baru ngecek. Selasa nanti ngecek lagi bersama Menhub dan Menko Puan," kata Basuki Hadimulyono di Universitas Brawijaya Malang, Jumat (1/5).
 
Kata Basuki, diprediksi Sabtu, 9 Juni arus mudik Lebaran sudah mulai bergerak, karena sudah memasuki libur Lebaran. Sementara tol baru tersambung diprediksi H-3 atau 12-13 Juni, sehingga disiapkan alternatif.  
 
"Kalau memang belum nyambung, nanti dikeluarkan dulu baru masuk lagi. Hanya sekitar 500 meter," tegasnya.
 
Sementara titik yang belum tersambung adalah Jembatan Kali Kenteng. Namun demikian juga sudah dipersiapkan antisipasi jalur untuk dilalui selama mudik Lebaran.
 
"Kalau Kenteng itu tingginya minimal 40 meter, sehingga ini belum bisa nyambung tapi di bawahnya sudah kita bikin jalan. Supaya orang bisa jalan lewat situ, sehingga tidak perlu keluar jalan," jelasnya.
 
Kementrian PUPR sudah melakukan koordinasi dengan lalu lintas untuk membuat kelengkapan yang dibutuhkan untuk mudik lebaran.
 
"Sudah disepakati dengan Kaorlantas nanti dibuatkan perlengkapan jalurnya," tegasnya.
 
Menteri Basuki juga menyampaikan bahwa mudik akan berlangsung nyaman dan aman dipengaruhi oleh tiga hal yakni persiapan sarana dan prasarananya, lalu lintas dan perilakunya pengguna jalan. Pihaknya meminta masyarakat dapat bijak menggunakan jalan selama arus mudik.
 
(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA