1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Pemkab Malang kebut pembangunan jalan dan jembatan ke arah pantai selatan

Pemkab Malang tengah mengebut pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan khususnya di kawasan selatan Malang.

©2018 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Kamis, 18 Januari 2018 11:32

Merdeka.com, Malang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang tengah mengebut pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan khususnya di kawasan selatan Malang. Dilansir dari Antara, pembangunan ini dimaksudkan untuk mempermudah dan memperlancar akses ke kawasan pantai di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang, Romdhoni, menjelaskan bahwa tahun ini pihaknya serius menuntaskan pembangunan ini. Jalan dan jembatan ini akan menjadi akses utama menuju kawasan wisata pantai selatan.

"Untuk menyelesaikan infrastruktur ini, kami mengalokasikan dana Rp30 miliar, terutama untuk pembangunan Jembatan Srigonco di Bantur sebagai akses utama menuju kawasan wisata pantai, seperti Balekambang, Kondangmerak, Sendangbiru, Bajul Mati, Goa China, dan Pantai Ungapan," ujar Romdhoni.

Dia menjelaskan bahwa pada tahun 2017, telah dialokasikan anggaran Rp10 miliar untuk pembangunan jalan dan jembatan Srigonco Bantur yang digunakan untuk pembangunan fondasinya. Sedangkan pada tahun ini, anggaran yang butuhkan lebih besar karena untuk realisasi pembangunannya.

Pembangunan di wilayah ini dilakukan karena jalur tersebut sangat rawan, terutama di area tanjakan jurang Klampok. Jalan tersebut cukup berbahaya karena cukup curam, sehingga tidak semua kendaraan yang akan menuju objek wisata pantai selatan terutama ke Pantai Balekambang serta pantai lain di wilayah Jalur Lingkar Selatan (JLS) bisa lewat.

Oleh karena itu, akan dibangun jalan baru dengan memangkas bukit dan membangun jembatan di atas jurang Klampok untuk menghindari jalan curam. Jika jalan dan jembatan ini telah selesai dibangun, wisatawan dapat menjangkau wilayah pantai selatan ini dengan mudah.

Jembatan ini sendiri akan menggunakan bahan baku baja murni dengan panjang 120 meter dan lebar 3,5 meter dengan perkiraan anggaran sebesar Rp30 miliar.

"Yang pasti, jalan dan Jembatan Srigonco Bantur akan menjadi jembatan penghubung utama bagi wisatawan yang akan ke kawasan wisata pantai selatan Malang dan JLS," tuturnya.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. pantai
  2. Kabupaten Malang
  3. Pariwisata
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA