1. MALANG
  2. KABAR MALANG

KPU Malang pekerjakan 50 orang lipat surat suara Pilkada dan Pilgub 2018

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang melibatkan 50 orang tenaga kerja untuk menyortir dan melipat surat suara untuk Pilwali dan Pilgub.

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Rabu, 30 Mei 2018 18:16

Merdeka.com, Malang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang melibatkan 50 orang tenaga kerja untuk menyortir dan melipat surat suara untuk Pilwali dan Pilgub. Mereka bekerja di Kantor KPU dengan pengawasan sejumlah petugas.

"Kita mengerahkan 50 orang. Nanti kita tambah sampai 100 orang kalau memang tidak mencukupi," kata Aminah Asmaningtyas, Komisioner KPU Divisi Keuangan, Umum dan Logistik, Senin (28/5).

Jumlah surat suara yang dilipat sebanyak 616.338 lembar untuk Pemilihan Walikota (Pilwali) Malang dan 616.338 lembar untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur. Jumlah itu sudah termasuk cadangan sebesar 2,5 persen setiap TPS.

KPU juga menyiapkan 2.000 lembar kartu suara untuk kemungkinan adanya pemilihan ulang di sebuah TPS. Namun kartu suara tersebut memiliki tanda khusus.

"Kita siapkan kartu suara 2.000, ada tanda khusus yang akan dipakai ketika pemilihan suara ulang, " katanya.

Pelipatan surat suara Pilwali dan Pilgub di KPU Malang.
© 2018 merdeka.com/Darmadi Sasongko

Setiap 500 lembar hasil lipatan pekerja diserahkan kepada pengawas yang kemudian menghitung dan mencocokkan kesesuaiannya. Jika sudah sesuai hitungannya, pekerja mengambil kembali untuk dilipat.

Aminah mengatakan, pelipatan dilakukan mulai hari ini, 28 Mei sampai 4 Juni 2018. Selama proses penyortiran dan pelipatan berlangsung sudah ditemukan beberapa kartu suara rusak. Kerusakan berupa bercak tinta cetakan dan bekas dari alat pres mesin pemotong.

Jumlah suara yang dikategorikan rusak tersebut dikumpulkan dan nantinya dikumpulkan sebagaimana prosedur untuk dibuatkan berita acara.

"Kita klaimkan ke perusahaan sesuai dengan jumlahnya. Kemudian kita berita acarakan kembali. Kita diberi jatah klaim surat suara sampai tanggal 6 Juni," jelasnya.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Kota Malang
  2. Pilwali 2018
  3. Pilgub Jatim 2018
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA