1. MALANG
  2. KABAR MALANG

KPU Kota Malang mulai distribusikan DPS ke masing-masing kelurahan

KPU Kota Malang telah mulai mendistribusikan daftar pemilih sementara (DPS) ke masing-masing kelurahan.

©2018 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Senin, 26 Maret 2018 19:29

Merdeka.com, Malang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang terus melakukan persiapan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak mendatang. Dilansir dari Antara, KPU Kota Malang telah mulai mendistribusikan daftar pemilih sementara (DPS) ke masing-masing kelurahan.

Anggota KPU Kota Malang Deny R. Bachtiar, mengemukakan bahwa distribusi DPS ke masing-masing kelurahan tersebut melalui panitia pemungutan suara (PPS). DPS tersebut selanjutnya ditempelkan di kantor kelurahan, balai RW, dan RT, serta tempat-tempat strategis lainnya.

"Pemasangan DPS itu merupakan tahapan untuk meminta tanggapan dari pemilih dengan tujuan memastikan apakah nama pemilih sudah masuk dalam DPS atau belum. Proses meminta tanggapan dari masyarakat ini hingga 2 April mendatang," ujar Deny.

Deny mengimbau agar masyarakat yang memiliki hak pilih untuk mencermati DPS yang dipasang di wilayah masing-masing. Selanjutnya, masyarakat memberikan tanggapan terkait apakah namanya sudah masuk DPS atau belum.

Bagi masyarakat yang namanya belum tercantum di DPS dan memiliki hak pilih, Deny menyebut bahwa mereka bisa memberikan tanggapan kepada PPS setempat. Mereka cukup membawa fotokopi KTP elektronik, surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan kartu kelurga (KK).

Pemasangan DPS tersebut sebagai tahapan sebelum KPU melakukan penetapan daftar pemilih tetap (DPT). Berdasarkan pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan beberapa waktu lalu, jumlah DPS Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang mencapai 605.081 jiwa, dengan rincian perempuan 306.798 jiwa dan laki-laki mencapai 298.283 jiwa.

DPS yang ditetapkan itu tersebar di 1.400 tempat pemungutan suara (TPS) di 57 kelurahan yang ada di Kota Malang. Selain untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018, DPS tersebut juga digunakan untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang 2018.

Jumlah DPS untuk pilkada ini menurun dibandingkan DPT Kota Malang untuk Pemilihan Umum Presiden 2014 yang mencapai 630.023 jiwa. Pilkada serentak ini sendiri bakal digelar pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Kota Malang
  2. Pilwali 2018
  3. Pilgub Jatim 2018
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA