1. MALANG
  2. KABAR MALANG

HUT Ke-1257 Kabupaten Malang, Rendra Kresna ziarah ke makam Ki Ageng Gribig

Peringati HUT Ke-1257 Kabupaten Malang, Bupati Malang dan rombongan gelar ziarah ke makam Ki Ageng Gribig dan mantan Bupati Malang terdahulu.

Bupati Malang ziarah ke makam Ki Ageng Gribig. ©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Selasa, 28 November 2017 13:03

Merdeka.com, Malang - Ziarah ke makam Ki Ageng Gribig telah menjadi agenda rutin kala peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang tiba. Melanggengkan tradisi tersebut, Bupati Malang, Rendra Kresna, didampingi Wakil Bupati Malang, Sanusi, melakukan ziarah ke makam Sang Pendiri Malang itu, Selasa (28/11) pagi. Selain itu, keduanya pun tak lupa berziarah dan mendoakan mantan Bupati Malang terdahulu yang juga dimakamkan di kompleks yang sama.

Kegiatan ziarah ini diawali dengan membaca tahlil dan doa di samping makam Ki Ageng Gribig yang berlokasi di Jalan Ki Ageng Gribig Kota Malang. Kemudian, Rendra dan Sanusi bersama sejumlah OPD, berlanjut kirim doa ke makam almarhum Bupati Malang pertama, Raden Tumenggung Notodiningrat I, Bupati Malang kedua, Raden Aryo Adipati Notodiningrat II, dan Bupati Malang III, Raden Aryo Adipati Notodiningrat III.

"Jadi kegiatan ini digelar setiap tahun dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Malang. Tahun ini pada peringatan Hari Jadi ke 1257 Kabupaten Malang. Acara pokok adalah khotmil Qur'an di Masjid Tajudin Sholah Kabupaten Malang dan dilanjut ziarah ke makam almarhum Ki Ageng Gribig dan mantan-mantan Bupati Malang yang dipusatkan di makam Ki Ageng Gribig yang dilakukan usai sholat Shubuh," ujar Rendra, Selasa (28/11).

Ziarah ke makam Ki Ageng Gribig dan ketiga Bupati tersebut menandai dimulainya kegiatan ziarah ke beberapa makam mantan Bupati Malang lainnya di lokasi yang berbeda. Rendra dan rombongan melakukan ziarah, yakni Bupati ke 17, Ir. Mohammad Ibnu Rubianto, MBA di makam umum Samaan Kota Malang, Bupati ke 12, Moch. Sun'an, SH dan Bupati ke 13, H.R. Suwignyo di makam umum Kasin Kota Malang, Bupati ke 10, Mas Djapan Notobudoyo dan Bupati ke 14, Edi Slamet di taman makam pahlawan Suropati Kota Malang, dan Bupati ke 9, Mas Ngabehi Soentoro di makam umum Kalirejo Kecamatan Lawang.

"Bagian Bintal akan meneruskan kegiatan ziarah ini ke makam mantan Bupati Malang lainnya yang ada di Samaan, Kasin, TMP dan Lawang. Tujuan kegiatan ini sebagai salah satu kewajiban kita sebagai generasi penerus dan muda dalam menghormati para leluhur. Kita ada ini karena ada para leluhur ini," tandasnya.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Rendra Kresna
  2. Pemkab Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA