1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Bupati Rendra sebut 15 ribu dolar Singapura disita KPK uang koleksi berseri 999

Bupati Malang Rendra Kresna menyebut uang sebesar 15 ribu dolar Singapura yang disita KPK merupakan uang koleksi pribadi.

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Sabtu, 13 Oktober 2018 09:59

Merdeka.com, Malang - Bupati Malang Rendra Kresna menyebut uang sebesar 15 ribu dolar Singapura yang disita Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merupakan uang koleksi pribadi. Keseluruhan uang yang disimpan dalam sebuah amplop tersebut memiliki nomor seri 999.

"Itu uang koleksi. 15 lembar itu memang nomor seringnya 999," kata Rendra Kresna usai menghadiri acara pisah kenal Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jalan Agus Salim Kota Malang, Kamis (11/10) malam.

Rendra menceritakan, KPK menyita uang itu saat penggeledahan rumah pribadinya di Tirtomoyo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Senin (8/10). Uang lembaran 1.000 dolar Singapura itu tersimpan dalam sebuah amplop.

"Waktu itu memang di rumah pribadi saya KPK menyita satu amplop berisi dolar Singapura 15 ribu, sebanyak 15 lembar. Terdiri dari 1.000 dolar per lembaran, di amplop. Itu nomor serinya 999, itu memang koleksi," katanya.

Rendra membantah uang tersebut bagian dari gratifikasi yang diberikan seseorang dalam kasus yang sedang ditangani KPK. Dia mengatakan, uang itu dikumpulkan karena dianggap cantik memiliki nomor seri yang unik.

"Mana mungkin, kalau itu gratifikasi kemudian nomor serinya sama, 999. Itu koleksi. Saya mencoba mencari yang dianggap itu cantik," katanya.

Sementara itu KPK secara resmi telah menetapkan Rendra sebagai tersangka dalam dua kasus, yakni kasus gratifikasi dan suap proyek. Mantan politisi Partai NasDem itu dinilai menerima uang Rp 3,45 miliar dan Rp 3,55 miliar.

"Karena memang sprindik sudah menyatakan saya tersangka. Sudah saya sampaikan kemarin, jadi memang tidak ada yang baru sebetulnya," tegasnya.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Peristiwa
  2. Kabupaten Malang
  3. Rendra Kresna
  4. KPK
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA