1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Bandungrejosari sabet Kelurahan Tangguh Bencana Terbaik Jatim

Kelurahan Bandungrejosari, Kecamatan Sukun, Kota Malang menyabet predikat Kelurahan Tangguh Bencana Terbaik Se-Jawa Timur.

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Rabu, 17 Oktober 2018 09:07

Merdeka.com, Malang - Kelurahan Bandungrejosari, Kecamatan Sukun, Kota Malang menyabet predikat Kelurahan Tangguh Bencana Terbaik Se-Jawa Timur. Kelurahan Bandungrejosari ditetapkan sebagai pemenang 'Kelurahan Tangguh Bencana Tingkat Pratama' dalam lomba Kelurahan/Desa Tangguh Bencana Provinsi Jawa Timur 2018.

Kelurahan Bandungrejosari dinilai terbaik di bidang partisipasi dan pengembangan kapasitas dalam koridor tanggap bencana. Piagam penghargaan dari Gubernur Jawa Timur diberikan langsung oleh Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Subhan Wahyudiono.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, Try Oky mengatakan, Kelurahan Bandungrejosari ditetapkan sebagai pemenang karena mengumpulkan skor tertinggi. Tolak ukur penilaiannya, yakni partisipasi aktif masyarakat yang disertai dengan meningkatkan kapasitas masyarakat dalam membentuk kelurahan tangguh bencana.

"Tim penilai ternyata terkesan dengan antusias dan kesigapan dari emak-emak tangguh saat simulasi bencana. Selain itu kelengkapan administrasi di Kelurahan Bandungrejosari juga dianggap yang terbaik," kata Try Oky, Senin (15/10).

Okt menambahkan, kesuksesan pada tingkat Pratama ini, membuat BPBD Kota Malang akan terus meningkatkan kapasitas dan kesigapan warga, sehingga Kelurahan Bandungrejosari bisa ikut dalam partisipasi di tingkat Madya pada tahun depan.

"Kami mohon doanya semoga Kelurahan Bandungrejosari bisa ikut pada lomba tingkat Madya dan memenangkannya," ungkapnya.

Terpisah, Wali Kota Malang, Sutiaji mengapresiasi prestasi Kelurahan Bandungrejosari yang mampu menjadi kelurahan terbaik bidang tangguh bencana se Jawa Timur.

"Tentu prestasi ini menjadi semangat bersama bagaimana agar terus ditingkatkan di masa mendatang," ucapnya.

Sutiaji berharap semua kelurahan di Kota Malang mampu menjadi kelurahan tangguh bencana dan masyarakat bisa turut serta dalam peningkatan kapasitas untuk tangguh bencana.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Kota Malang
  2. Pemkot Malang
  3. Bencana Alam
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA