1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Sutiaji-Sofyan Edi bawa visi 'Kota Malang Bermartabat'

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan visi dan misi kepemimpinannya lima tahun ke depan dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Malang.

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Jum'at, 05 Oktober 2018 08:59

Merdeka.com, Malang - Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan visi dan misi kepemimpinannya lima tahun ke depan dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Malang. Pidato disampaikan di hadapan para anggota DPRD Kota Malang, dengan disaksikan Gubernur Jawa Timur, H. Soekarwo.

Sutiaji menyampaikan dalam pidatonya, bahwa kepemimpinannya bersama Sofyan Edi Jarwoko dengan visi besar Kota Malang Bermartabat. Hakekat Bermartabat sendiri merupakan perwujudan dan implementasi dari kewajiban dan tanggung jawab manusia sebagai pemimpin kepada masyarakat yang dipimpin.

"Bermartabat merujuk pada sebuah nilai harga diri kemanusiaan yang memiliki arti kemuliaan. Dengan visi Kota Malang Bermartabat, diharapkan dapat tercipta situasi, kondisi, tatanan dan karakter yang mulia bagi Kota Malang beserta segenap masyarakatnya," jelas Sutiaji di Ruang Sidang DPRD Kota Malang, Kamis (4/10).

Kata Sutiaji, Kota Bermartabat adalah sebuah profil Kota Malang yang aman, tertib, bersih dan asri, mandiri, makmur sejahtera, terdidik dan berbudaya serta membawa nilai religius yang tinggi, dilandasi dengan sikap toleransi terhadap perbedaan, bersih dari KKN dan bersungguh sungguh melayani masyarakat dengan sepenuh hati.

"Semangat dan dasar itu yang akan membawa Kota Malang memiliki keunggulan, berdaya saing dan menempatkan diri sebagai kota terkemuka yang berprestasi," tuturnya.
Adapun 4 misi yang menjadi pedoman gerak selama 5 tahun kepemimpinan Sutiaji - Sofyan Edi Jarwoko meliputi:

1. Menjamin akses dan kualitas pendidikan, kesehatan dan layanan dasar lainnya bagi semua warga,

2. Mewujudkan kota produktif dan berdaya saing berbasis ekonomi kreatif, keberlanjutan dan keterlaluan,

3. Mewujudkan kota yang rukun dan toleran berazaskan keberagaman dan keberpihakan terhadap masyarakat rentan dan generasi,

4. Memastikan kepuasan masyarakat atas layanan pemerintah yang tertib hukum, profesional dan akuntabel.

Keempat misi tersebut sesungguhnya diarahkan untuk menggapai, mencapai serta mewujudkan misi pada bidang layanan publik dasar, pendidikan dan kesehatan, produktivitas dan daya saing, kesejahteraan dan perlindungan sosial, infrastruktur dan daya dukung terpadu, reformasi birokrasi serta misi di bidang kerukunan dan keragaman budaya.

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo dalam sambutannya menitipkan pesan dan harapan pada Sutiaji-Sofyan Edi Jarwoko dalam menjalankan roda kepemimpinan 5 tahun ke depan. Pihaknya berharap banyak kemajuan Kota Malang yang akan diraih.

"Saya berharap kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang periode kali ini, mampu memberikan banyak kemajuan secara signifikan bagi Kota Malang," kata Soekarwo.

Point penting yang harus diperhatikan, kata Soekarwo, di antaranya adalah akselerasi pertumbuhan dan pemerataan ekonomi melalui pengembangan sektor unggulan. Selain itu produktivitas dan efisiensi sektor unggul dan berdaya saing, mendorong investasi, modernisasi infrastruktur dan meningkatkan kualitas SDM serta standarisasi kualitas produk dan SDM serta peningkatan promosi dan kerja sama ekonomi.

"Saya berharap Kota Malang tetap menjaga harmonisasi pasca Pilkada dengan terus menjalin silaturahmi, menciptakan suasana yang kondusif, melakukan koordinasi dengan BPS Malang untuk menentukan titik nol target kinerja serta segera menyusun RPJMD Kota Malang tahun 2018 - 2023," tandasnya.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Sutiaji
  2. Kota Malang
  3. Pemkot Malang
  4. Sofyan Edi Jarwoko
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA