1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Peduli hewan kesayangan, Kota Malang punya Satgas Pet Lovers

Pemkot Malang memberikan layanan kesehatan terpadu secara gratis, dan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pet Lovers (komunitas hewan kesayangan).

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Senin, 11 Juni 2018 10:27
Dua jurus dilakukan guna mewujudkan Kota Malang sebagai kota peduli hewan kesayangan. Kedua jurus tersebut adalah memberikan layanan kesehatan terpadu secara gratis, dan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pet Lovers (komunitas hewan kesayangan).
 
"Para pemilik hewan bisa melakukan pemeriksaan dan juga diberikan pemberian vitamin serta obat cacing bagi hewan yang dibawa, semuanya gratis," kata Sri Sumarni, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang, Sabtu (9/6). 
 
Pelaksanaan pelayanan kesehatan gratis dilaksanakan di Car Free Day (CFD) dan selama berjalan telah melampaui target, yakni 100 ekor hewan kesayangan. Namun sebanyak 135 ekor yang meliputi, anjing, kucing, musang, reptil, iguana telah mendapatkan pelayanan.
 
Selain dilaksanakan di CFD, pelayanan pemeriksaan rencananya akan dilaksanakan di Lapangan Rampal bersamaan dengan gelar Pasar Tani,  Apel Ternak di Kelurahan Lesanpuro, dan di Pusat Kesehatan Hewan (Puskewan) Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan di Jalan Kolonel Sugiono Kota Malang.
 
"Ada doorprize juga yang kami berikan untuk warga yang datang memeriksakan hewan kesayangannya," katanya.
 
Sementara terkait, Satgas Pet Lover, kata Sumarni, telah dilaunching 29 April 2018 di Car Free Day, Jalan Idjen Boulevard Kota Malang. Tujuan Satgas tersebut agar komunitas pecinta hewan kesayangan lebih tertata, selain dapat membantu sosialisasi Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS). 
 
"Satgas nantinya juga berperan mensosialiasikan pada masyarakat yang akan membawa hewan kesayangannya secara aman dan nyaman ke tempat-tempat umum," kata Sri Sumarni. 
 
Sebanyak 10 komunitas sudah tergabung dalam Satgas Pet Lovers, di antaranya Komunitas Kucing Malang, Komunitas Anjing, Komunitas Iguana, Komunitas Musang, Komunitas Sugar Gledeer, Komunitas Reptil, dan lain-lain. 
 
Semuanya adalah komunitas yang sering membawa hewan kesayangannya di tempat-tempat umum seperti Car Free Day, Alun-alun, Taman Malabar dan lain sebagainya.
 
(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Kota Malang
  2. Pemkot Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA