1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Cegah difteri, Dinkes Kota Malang akan gelar imunisasi ulang

Kota Malang menjadi salah satu dari 16 Kota/Kabupaten di Jawa Timur sasaran ORI (outbreak response immunization) difteri.

Mahasiswa Imunisasi Difteri. ©2017 Merdeka.com Editor : Siti Rutmawati | Contributor : Darmadi Sasongko | Jum'at, 29 Desember 2017 14:07

Merdeka.com, Malang - Kota Malang menjadi salah satu dari 16 Kota/Kabupaten di Jawa Timur sasaran ORI (outbreak response immunization) difteri. Pendataan sasaran ORI akan dilakukan selama seminggu, mulai 3 Januari 2018.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnun Muarif, mengatakan, sasaran ORI adalah warga Kota Malang berusia antara 1-19 tahun. ORI sendiri akan dilakukan dalam beberapa gelombang.

"Gelombang pertama Januari sampai Februari, putaran kedua Maret sampai April dan putaran ketiga antara Juli sampai Agustus. Sekitar 6 bulan setelah putaran kedua," Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnun Muarif, Jumat (29/12).

Tahapan yang akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Malang adalah menentukan sasaran dengan melakukan pendataan. Selanjutnya mengakumulasi jumlah sasaran sebelum menginventaris kebutuhan vaksin, tim, alat dan penanganan limbah pembuangannya (safety box).

Belajar dari imunisasi rubela (MR) beberapa waktu lalu, jumlah sasaran mencapai puluhan ribu. Padahal sasaran imunisasi rubela usia 1-15 tahun. Pendataan untuk ORI hanya dilakukan untuk usia 15-19, karena data yang 1-15 menggunakan data MR.

"Kemarin saja kita MR usia 1-15 tahun sekitar 32 ribu. Kalau ditambah sampai umur 19 tahun yang jelas lebih dari itu," tegasnya.

Kota Malang sendiri telah melakukan imunisasi untuk difteri tetapi hanya bersifat lokal, di mana kasus ditemukan. Sepanjang 2017 ditemukan 19 kasus, dan 2016 sebanyak 14 kasus.ORI akan dilakukan di sekolah dan masyarakat, yang tidak sekolah pun tetap masuk menjadi sasaran.

"Hanya locus, misalnya kemarin di SMA 3, hanya di seputar SMA 3 dan penderita yang ada di rumah. Belum menyeluruh Kota Malang," terangnya.

Sebelumnya Menteri Kesehatan (Menkes) menunjuk sejumlah daerah di Indonesia untuk menggelar vaksinasi ulang difteri melalui ORI. Penetapan sasaran ORI berdasarkan adanya peningkatan kasus atau dari sebelumnya tidak ada kasus kemudian ditemukan kasusnya.

PILIHAN EDITOR

(SR) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Kesehatan
  2. Peristiwa
  3. Kota Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA