1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Buka Rakernas Apeksi 2017, Mendagri minta Wali Kota Berimajinasi

Pada pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Apeksi 2017, Mendagri meminta setiap wali kota berimajinasi dalam mengembangkan kota.

Pembukaan Apeksi 2017 © 2017 merdeka.com/Darmadi Sasongko. ©2017 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Kamis, 20 Juli 2017 11:15
Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2017 dibuka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Hotel Savana, Rabu (19/7). Pembukaan juga dihadiri oleh Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Basaria Panjaitan dan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.
 
Menteri Tjahjo Kumolo menyampaikan, tugas wali kota dalam menjalankan pemerintah daerah tidaklah mudah, karena banyak aspek yang harus dikerjakan dengan tujuan utama adalah percepatan pembangunan.
 
"Kepala Daerah dalam hal ini wali kota harus memiliki imajinasi, dan dari situlah lahir konsepsi, dari konsepsi lahir keberanian untuk mengeksekusi dengan tujuan percepatan pembangunan," kata Tjahjo Kumolo.
 
Struktur pemerintahan daerah, katanya tidak saja terdiri atas Gubernur, Wali Kota dan Bupati, namun di dalamnya termasuk TNI, Polri hingga mitra strategis yakni Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD). Karena itu dalam menjalankan pembangunan, wali kota harus merangkul berbagai kalangan.
 
"Saya berpesan pada Wali Kota agar dalam mengambil kebijakan harus memahami area rawan korupsi, karena sudah banyak contoh bagaimana KPK masuk melakukan OTT di berbagai daerah," tukasnya.
 

Karnaval Budaya pada Apeksi 2017
© 2017 merdeka.com/Darmadi Sasongko

Sementara, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo menyoroti pentingnya menjaga kondisi daerah dari berbagai ancaman yang menggoyahkan persatuan dan kesatuan. Ancaman itu salah satunya dari organisasi yang tidak sesuai dengan asas Pancasila dan UUD 1945 dan berbagai ancaman yang menggoyahkan nilai kebersamaan lainnya.
 
"Secara umum di Jawa Timur saat ini kondisinya sangat aman dan nyaman, meskipun sebentar lagi akan menghadapi Pilkada di 18 Kota/Kabupaten dan di Provinsi Jawa Timur sendiri juga," ujarnya.
 
Soekarwo mengungkapkan, bahwa Jawa Timur menjadi pelopor untuk menurunkan regulasi di bawah Perppu yang sudah digedok oleh Pemerintahan Pusat. Karena itu, seiring proses tidak lama lagi akan segera diterbitkan Perdanya.
 
Rakernas Apeksi akan berlangsung 18-20 Juli dengan serangkaian kegiatan yang melibatkan ribuan delegasi. Rakornas Apeksi juga diisi Pawai Budaya di Depan Gedung Perpustakaan Umum Jalan Ijen, Rabu (19/7), City Expo 2017 di Stadion Gajayana dan penanaman pohon khas daerah di Kamis (20/7). Sementara sidang pleno dipusatkan di Ball Room Hotel Savana.
 
(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Event
  2. Apeksi 2017
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA