1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Wali Kota Airin dan Narji jadi bintang di karpet merah Rakernas Apeksi

Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmy Diany dan pelawak kondang, Narji Cagur, menjadi bintang di karpet merah gala dinner Rakernas Apeksi XII

Walikota Airin saat Gala Dinner Rakernas Apeksi XII. ©2017 Merdeka.com Editor : Siti Rutmawati | Contributor : Darmadi Sasongko | Rabu, 19 Juli 2017 10:53

Merdeka.com, Malang - Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmy Diany dan pelawak kondang, Narji Cagur menjadi bintang di karpet merah gala dinner Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XII. Walikota Airin tiba bersama sejumlah rombongan, termasuk komedian Narji.

Seperti Wali Kota yang lain, rombongan dipanggil oleh master of ceremony (MC) untuk dipersilakan memasuki lokasi acara dengan menyusuri karpet merah. Airin bersama staf menyempatkan berfoto bersama di depan both yang telah sediakan.

"Kita hadir di Rakernas Apeksi XII, di sini ada 98 perwakilan Wali Kota. Malam ini acara gala dinner sebagai penerimaan oleh Walikota Malang dan dilanjutkan besok, pembukaan oleh Mendagri," kata Airin yang juga Ketua Apeksi, di Alun alun Tugu Kota Malang, Selasa (18/7).

Acara gala dinner digelar di Halaman Balaikota Malang dengan serangkaian acara ceremonial. Acara diawali dengan makan malam dan dilanjutkan sambutan Walikota Malang, Mochammad Anton selaku tuan rumah.

Gala Dinner Rakernas Apeksi XII
© 2017 merdeka.com/Darmadi Sasongko

Secara perwakilan, sejumlah Wali Kota juga didaulat naik ke atas panggung untuk menerima cindera mata dari Wali Kota Malang. Selain itu, para Walikota juga secara bersama-sama menyaksikan sendratari dan dilanjutkan pelepasan balon harapan.

"Rapat kerja diikuti oleh 6 wilayah komisariat. Agenda yang menjadi pembahasan di antaranya bagaimana kita para Wali Kota bisa bekerja maksimal," katanya.

Sebagai sebuah kota dengan pertumbuhannya yang begitu cepat, kata Airin, tentu tidak bisa hanya mengandalkan APBD. Sehingga, pemerintah perlu melibatkan swasta untuk membangun.

"Tetapi tidak dipersulit dengan aturan, nanti Bapenas yang akan berbicara. Kita akan berbicara sinkronisasi investasi, itu salah satu yang kita harapkan bisa dibahas," katanya.

Tentu setiap komisariat akan memiliki persoalan dan pengalaman yang sudah dijalankan. Masukan dan persoalan akan diidentifikasi untuk disampaikan kepada pemerintah pusat.

Sementara itu, Narji berkelakar tersangkut koper, hingga bisa berada di acara tersebut. Mengingat dirinya bukan Wali Kota, seperti kebanyakan para tamu yang hadir malam itu. "Hanya tersangkut koper saja," katanya.

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) akan berlangsung 18-20 Juli, dengan serangkaian kegiatan yang melibatkan ribuan delegasi. Tampak hadir Walikota Bogor, Bima Arya, Wali Kota Yogyakarta, Hariadi Suyuti, sementara tidak terlihat Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, begitu juga Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil. Mereka diperkirakan akan hadir dalam acara pembukaan hari ini, Rabu (19/7).

Rakornas Apeksi juga akan diisi Pawai Budaya di depan Gedung Perpustakaan Umum Jalan Ijen, Rabu (19/7) pukul 14.30 WIB, kemudian pukul 16.00 WIB akan dilanjutkan Upacara Pembukaan Indonesia City Expo 2017 di Stadion Gajayana.

Kamis (20/7) pukul 07.00 WIB akan dilaksanakan penanaman pohon khas daerah di Taman Kota Merjosari dan sidang pleno pada pukul 08.00 di Ball Room Hotel Savana. Rakernas XII Apeksi akan ditutup pada pukul 15.45 WIB di tempat yang sama.

PILIHAN EDITOR

(SR) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Info Kota
  2. Kota Malang
  3. Pemkot Malang
  4. Apeksi 2017
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA