1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Kota Malang kirim maestro payung Mbah Rasimun di HUT Jaringan Kota Pusaka

Kota Malang mengirimkan Mbah Rasimun di HUT Dasawarsa Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Kota Surakarta.

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Kamis, 25 Oktober 2018 08:50

Merdeka.com, Malang - Kota Malang mengirimkan Mbah Rasimun di Hari Ulang Tahun (HUT) Dasawarsa Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Kota Surakarta, 24 - 26 Oktober 2018. Maestro seni payung kertas tampil dengan karyanya yang banyak diminati masyarakat luar negeri.

"Mbah Rasimun ini adalah maestro seni payung kertas, beliau konsisten dalam membuat karya-karyanya," kata Sutiaji, Wali Kota Malang, Rabu (24/10).

Sutiaji bersama rombongan menghadiri acara puncak JKPI. Kota Malang mendapatkan kehormatan sebagai pengisi masterclass tentang kota pusaka di hadapan peserta. Walikota didampingi istri berkesempatan mengunjungi stan pameran Mbah Rasimun.

Kota Malang sendiri masuk sebagai kota pusaka yang menjadi modal besar dalam meningkatkan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata.

"Tentu hal ini harus kita optimalkan ke depan karena merupakan sarana Pemkot Malang untuk meningkatkan sektor pariwisata," kata Sutiaji.

Upaya mendayagunakan kekayaan aset pusaka sebagai aset kekayaan tertinggi terus dilakukan. Salah satunya berkomitmen dalam melindungi kekayaan pusaka alam, budaya dan saujana yang dimiliki.

"Pemkot Malang berharap dengan adanya gelaran ini mampu bermanfaat dalam upaya membangun kota secara berkelanjutan berbasis pusaka," tukasnya.

Acara HUT Dasawarsa JKPI, dibuka dengan Gala Dinner bertempat di Pendhopo Gedhe Balai Kota Surakarta dan dihadiri oleh para Kepala Daerah dari kota/ kabupaten yang menjadi anggota JKPI pada Rabu (24/10).

Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, dalam sambutannya mengatakan awalnya anggota JKPI hanya sekitar 11 kota/ kabupaten, akan tetapi saat ini terus bertambah hingga mencapai 64 daerah dan jumlah itu akan bertambah lagi.

"Saya selaku tuan rumah mengucapkan selamat datang kepada kepala daerah, acara ini tujuannya tak lain adalah melestarikan pusaka dan budaya kita serta menghadirkan kembali ke masyarakat," ujar FX Hadi Rudyatmo.

Rangkaian HUT Dasawarsa JKPI diramaikan beberapa even, mulai gelar budaya, pawai budaya, simposium, budaya, pameran UMKM, city tour dan kongres JKPI.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Event
  2. Kota Malang
  3. Pemkot Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA