1. MALANG
  2. KABAR MALANG

'Bersama Rakyat TNI Kuat' jadi tema perayaan HUT TNI ke-72

HUT ke-72 TNI mengusung tema pokok kegiatan 'Bersama Rakyat TNI Kuat'.

Perayaan HUT TNI ke-72 di Malang. ©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Kamis, 05 Oktober 2017 17:03

Merdeka.com, Malang - Sejarah panjang Tentara Nasional Indonesia (TNI) turut menghiasi perjalanan perjuangan bangsa Indonesia. Hari ini, Kamis (5/10), TNI merayakan hari jadinya yang ke-72, dan dipusatkan di Dermaga Indah Kiat Cilegon. Bertemakan 'Bersama Rakyat TNI Kuat', TNI bergerak berdasarkan kesadaran akan komando dari tangan rakyat.

"Penyelenggaraan HUT TNI pada hakikatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat. Atas pembangunan kekuatan TNI yang telah sedang dilaksanakan khususnya pada tahun anggaran 2017, karena itu tema pokok pada kegiatan HUT ke-72 ini adalah bersama rakyat TNI kuat," ujar Bupati Malang, Rendra Kresna, saat membacakan amanat Panglima TNI Jenderal, Gatot Nurmantyo, pada Upacara HUT TNI Ke-72 Tahun 2017, di Lapangan Rampal Brawijaya, Kota Malang, Kamis (5/10) pagi.

Rendra, yang di dapuk menjadi Inspektur Upacara ini mengatakan, makna yang terkandung di dalam tema tersebut adalah TNI tumbuh dan berkembang serta berjuang bersama rakyat. Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi yang terus bergerak secara dinamis.

"Kesejatian tersebut harus ditumbuhkembangkan dan di selaras serasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern. Sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok karena bersama TNI kuat dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia," terangnya.

Rendra menambahkan, kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela negara. Kedekatan dan kebersamaan TNI rakyat adalah inti dari pusat kekuatan "Center Of Gravity" dari sistem pertahanan semesta yang kita anut.

"Prestasi dan kinerja optimal TNI yang telah mendapatkan penilaian positif dari masyarakat harus senantiasa di pertahankan bahkan perlu ditingkatkan lagi di masa mendatang. Implementasinya prajurit TNI harus selalu menjadi suri teladan dalam kepatuhan dan ketaatan terhadap ketentuan perundang-undangan yang berlaku di manapun prajurit TNI berada dan bertugas. Selamat Ulang Tahun dan Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia," ulasnya.

Undangan yang turut hadir dalam upacara tersebut, yakni beberapa Komandan Kesatuan TNI AD, AU, dan AL, Jajaran Korem 083 Malang, Jajaran Kodim 0833 Kota Malang, Kodim 0818 Kab. Malang - Batu, Jajaran Polres Malang Kota, Malang Kabupaten, Veteran, Purnawirawan, para pengusaha di Malang raya, serta beberapa organisasi lain di Malang Raya. Sedangkan peserta upacara di ikuti dari anggota TNI, Polri, ASN serta beberapa Siswa Kota Malang.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Peristiwa
  2. TNI
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA