1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Rangkaian HUT ke-1.257 Kabupaten Malang bakal dipusatkan di Pantai Selatan

Rangkaian peringatan HUT ke-1.257 Kabupaten Malang bakal dipusatkan dalam even bertajuk "Malang Beach Festival" di kawasan Pantai Selatan.

Bupati Malang, Rendra Kresna. ©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Rabu, 04 Oktober 2017 12:47

Merdeka.com, Malang - Sederetan pantai di kawasan Pantai Selatan nampaknya akan lebih ramai dari biasanya pada November mendatang. Pasalnya, rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 1.257 kabupaten Malang, akan dipusatkan di kawasan tersebut, tepatnya pada 4-17 November 2017. Mengusung tajuk "Malang Beach Festival", perayaan ini bertujuan untuk mengangkat keindahan dan eksotisme pantai di kabupaten Malang.

Dilansir Antara, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara mengatakan, konsep perayaan HUT Kabupaten Malang ini sedikit berbeda dari daerah lainnya. Yakni, mengeksplorasi potensi dan keindahan pantai di kabupaten Malang.

"Apalagi, konsep ini juga beriringan dengan visi dan misi tiga pilar kabupaten Malang," ujar Made, Rabu (4/10).

Layaknya tagline "The Heart of East Java" yang diusung, kabupaten Malang telah ditetapkan sebagai jantung pariwisata di Jawa Timur. Pihaknya, kata Made, ingin mengingatkan bahwa kabupaten Malang merupakan kawasan yang paling banyak memiliki pantai di wilayah Jawa Timur.

Selain mengenalkan keindahan pantai, imbuh Made, perayaan HUT ini juga menyuguhkan hiburan bagi masyarakat sekitar dan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Sehingga diharapkan, dapat mendongkrak perekonomian warga di sekitar pantai.

Lebih lanjut Made menerangkan, perhelatan Malang Beach Festival ini bisa saja dilakukan selama dua bulan, dan digelar berturut-turut setiap Sabtu dan Minggu. Rencananya, acara akbar itu akan difokuskan di pantai Ungapan, Nganteb, Balekambang, dan Bajul Mati.

Malang Beach Festival akan dikemas dengan kirab budaya, layang-layang, kano, paralayang, balap sepeda, rally jeep, marathon beach running 10 kilometer, tari bapang, dan jet ski. "Peserta festival akan dimanjakan dengan ombak pantai, dan mereka bisa memanfaatkan spot foto di sepanjang pantai Jalur Lintas Selatan (JLS)," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Malang, Rendra Kresna mengemukakan, setiap rangkaian kegiatan HUT Kabupaten Malang disinergikan dengan program prioritas strategis Kabupaten Malang. Yakni, mengentaskan kemiskinan, melestarikan lingkungan hidup, dan meningkatkan potensi pariwisata.

Menurut Rendra, sektor pariwisata akan berdampak pada pengentasan kemiskinan sekaligus meningkatkan upaya dalam melestarikan lingkungan. Ia berharap, Malang Beach Festival mampu mendongkrak potensi pariwisata kabupaten Malang. Khususnya, wisata pantai yang selama ini menjadi primadona pariwisata daerah itu.

"Hampir seluruh pantai yang ada di wilayah kabuapten Malang memiliki kekhasan, namun tidak meninggalkan kesan eksotis. Sejumlah pantai yang saat ini mulai dikenal luas, di antaranya adalah Bajul Mati, Ngantep, pantai Bengkung, Ungapan dan masih banyak lagi. Selain pantai Balekambang dan Sendangbiru yang sudah lebih dulu dikenal luas," pungkasnya.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Event
  2. Kabupaten Malang
  3. Rendra Kresna
  4. Pariwisata
  5. Pemkab Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA