1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Waktu Perjalanan Surabaya Malang Dipastikan Bakal Hanya Ditempuh 1 Jam

Nanti, setelah lewat tol mungkin tidak sampai satu jam dengan kecepatan rata-rata 100 km/jam," jelas Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang.

©2018 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Kamis, 22 November 2018 07:58

Merdeka.com, Malang - Keberadaan tol Pandaan-Malang diyakini bakal mempersingkat waktu tempuh transportasi Surabaya ke Malang. Dilansir dari Antara, keberadaan tol ini bakal membuat jarak tempuh antar kedua kota dipersingkat hanya menjadi sekitar satu jam. 

Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) Agus Purnomo memastikan kontruksi tol Pandaan-Malang yang banyak ditunggu warga Jawa Timur akan rampung Desember 2018. Agus mengatakan, tol itu dijadwalkan akan rampung untuk konstruksi awal dan mulai beroperasi Januari 2019, sebab pengadaan lahan saat ini sudah mencapai lebih dari 90 persen dari total lahan.

Hingga kini, pengerjaan konstruksi Jalan Tol Pandaan-Malang untuk seksi 1 mencapai 87,157 persen, dan seksi 2 mencapai 63,118 persen, Seksi 3 sekitar 75,188 persen, serta seksi 4 sebesar 47,532 persen dan 23,112 persen untuk Seksi 5.

Jalan tol yang mendukung ruas tol Trans Jawa khususnya dari Malang tersebut pengerjaannya dibagi menjadi lima seksi wilayah, yakni seksi 1 adalah Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,47 kilometer, lalu seksi 2 menghubungkan Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 kilometer, dan seksi 3 dari Lawang menuju Singosari sepanjang 7,10 kilometer.

Berikutnya adalah seksi 4 dari Singosari ke Pakis sepanjang 4,75 kilometer dan terakhir adalah seksi 5 yang menghubungkan Pakis-Malang sepanjang 3,11 kilometer.

"Sesuai jadwal, seksi 4 diperkirakan siap dioperasionalkan pada Februari 2019, kemudian seksi 5 pada Juni 2019," ucapnya.

Selain itu, tol ini akan memiliki lima pintu keluar, masing-masing di Pandaan sekitar Purwodadi, kemudian di Lawang, di Singosari sekitar Karanglo, di Pakis di arah menuju Bandara Abdurahman Saleh, dan di Malang sekitar Sawojajar.

Dengan rampungnya tol Pandaan-Malang, diharapkan mempercepat akses Surabaya menuju Malang, yang bisa ditempuh hanya sekitar satu jam.

Agus mengatakan, setelah beroperasi tol Pandaan-Malang akan membawa dampak ekonomi bagi pengguna jalan serta lingkungan sekitar.

"Kalau sekarang dari Surabaya ingin ke Kota Batu untuk liburan bisa memakan waktu lima sampai enam jam di saat liburan. Nanti, setelah lewat tol mungkin tidak sampai satu jam dengan kecepatan rata-rata 100 km/jam," katanya.

Ia optimistis, dengan adanya tol, potensi pendapatan pelaku UKM dan kuliner di sekitar daerah wisata akan meningkat, termasuk pelaku usaha penginapan.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Peristiwa
  2. Kabupaten Malang
  3. Kota Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA