1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Solusi kemacetan, Kota Malang akan bebaskan lahan untuk pelebaran jalan

Sutiaji mengatakan, cara mengurangi kemacetan hanya 2 langkah, yakni membuat jalan baru atau pelebaran, dan rekayasa lalu lintas.

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Jum'at, 31 Agustus 2018 11:36

Merdeka.com, Malang - Kemacetan menjadi problem yang semakin serius bagi Kota Malang. Saban hari sejumlah titik tidak pernah lepas dari pemandangan kemacetan, sebut saja Jalan Gajayana sekitar pertigaan Plasa Sardo, Jalan Soekarno-Hatta dan Jalan Sulfat.

Wali Kota Malang (Plt) Sutiaji mengatakan, cara mengurangi kemacetan hanya 2 langkah, yakni membuat jalan baru atau pelebaran, dan rekayasa lalu lintas.

Solusi jangka panjang, Sutiaji menyebutkan harus harus dilakukan pelebaran jalan. Sehingga rumah-rumah di kanan dan kiri jalan dilakukan pembebasan. Selain upaya rekayasa lalu lintas yang terus dilakukan.

"InsyaAllah tahun 2018 dan 2019 kita akan lakukan pembebasan lahan yang memang dirasa perlu. Jika tidak segera dilaksanakan, nantinya akan banyak muncul kendaraan baru dan makin sulit untuk mengaturnya," tegas Sutiaji dalam rapat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kota Malang di Ruang Sidang Balaikota Malang, Rabu (29/08).

Selain itu, Sutiaji juga bepesan kepada Kepolisian agar meindak tegas kepada masyarakat yang melanggar lalu lintas. Lewat penindakan diharapkan akan memberikan efek jera agar tidak menjadi kebiasaan melanggar ketentuan.

“Ketika ada yang melanggar rambu rambu lalu litas, kepolisian diharapkan untuk menilang agar ada efek jera, sebagai contoh di Jalan Ahmad Yani yang harusnya belok kiri jalan terus tetapi tidak berjalan seperti itu," jelasnya mencontohkan.

Sutiaji juga menyebutkan, Kota Malang menduduki ranking ke-3 kota termacet di Indonesia dan harapkannya tidak naik ranking lagi.

"Surabaya berada di ranking 7 yang notabene sebagai kota besar," terangnya.

Sutiaji mengapresiasi forum lalu lintas yang turut berpikir dan memberikan solusi bagi Kota Malang. Temuan dan kritik yang disampaikan sebagai evaluasi yang dibutuhkan solusi bersama. Turut hadir dalam forum sersebut, Sekretaris Daerah Kota Malang, Wasto dan Kepala Dinas Perhubungan, Kusnadi.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Kota Malang
  2. Pemkot Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA