1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Sekda Kabupaten Malang harap Germas bisa memacu masyarakat sadar kesehatan

Sekda Kabupaten Malang harap program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat bisa memacu kesadaran hidup sehat pada masyarakat.

Sekda Kabupaten Malang launching Germas. ©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Selasa, 31 Oktober 2017 17:36

Merdeka.com, Malang - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Didik Muljono melaunching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Taman Wisata Sengkaling, kecamatan Dau, Selasa (31/10). Program kesehatan ini diluncurkan sebagai upaya penguatan pembangunan kesehatan dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat. Germas bertujuan untuk menurunkan beban penyakit, menghindari terjadinya penurunan produktivitas penduduk, dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan.

Didik berharap, program kesehatan tersebut dapat menjadi pemacu bagi segenap komponen di kabupaten Malang untuk terus memperjuangkan pembangunan bidang kesehatan. Kesehatan, kata Didik, merupakan hak setiap individu. Namun, untuk mewujudkan kesehatan bagi seluruh masyarakat, juga merupakan kewajiban dari setiap individu.

"Selama ini, tanggung jawab pemenuhan kebutuhan kesehatan bagi masyarakat selalu diupayakan oleh pemerintah pusat hingga daerah. Berbagai program telah dicanangkan, fasilitas kesehatan pun senantiasa ditingkatkan untuk mendapatkan akses kesehatan juga sedang digalakkan Pemerintah melalui program pembangunan yang difokuskan pada kawasan pinggiran/pedesaan," papar Didik, Selasa (31/10).

Untuk dapat membentuk derajat kesehatan masyarakat yang baik, imbuh Didik, ada 4 faktor yang harus diperhatikan, yakni perilaku, lingkungan, pelayanan kesehatan dan keturunan. Melihat fakta penyakit yang banyak diderita masyarakat saat ini, perilaku dan lingkungan merupakan faktor yang memegang peran terbesar dalam kesehatan masyarakat.

Didik berharap, program Germas ini dapat memacu kesadaran hidup sehat pada masyarakat. Selain itu, ia juga berharap agar masyarakat luas pun mau memberikan dukungan terhadap program dimaksud.

"Diawali dari peningkatan kesadaran dalam diri pribadi, hingga jika memungkinkan juga turut melakukan sosialisasi lanjutan kepada lingkungan sekitarnya. Sehingga program Germas akan dapat membawa dampak besar terhadap derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Malang," pungkasnya.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Kesehatan
  2. Kabupaten Malang
  3. Pemkab Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA