1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Ketum partai bertemu Wali Kota Sutiaji bahas PAW DPRD Malang

Para petinggi partai yang kadernya terjerat kasus menggelar sebuah pertemuan bersama Wali Kota Malang (Plt) Sutiaji membahas persiapan PAW.

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Jum'at, 07 September 2018 06:38

Merdeka.com, Malang - Pergantian Antar Waktu (PAW) DPRD Kota Malang akan dilaksanakam Senin (10/9) besok. Para petinggi partai yang kadernya terjerat kasus menggelar sebuah pertemuan bersama Wali Kota Malang (Plt) Sutiaji membahas persiapan.

"Saya meneruskan apa yang dilakukan Gubernur, bagaimana agenda partai berjalan dengan baik. Jangan sampai ada layanan publik terganggu, partai mengambil sikap cepat dan keberadaan partai eksis. Ada mekanisme partai, dengan menyegerakan PAW sesuai mekanisme partai," kata Sutiaji usai menggelar pertemuan, Rabu (5/9).

Kata Sutiaji, saat ini Satgas di Propinsi dan Kota yang bekerja untuk persiapan proses PAW. Anggota Satgas terdiri dari Sekda, Partai Politik, Biro Hukum dan lain sebagainya.

"Paripurna (Senin), namanya target semoga terpenuhi," tegasnya.

Sebelumnya Gubernur Jawa Timur, Soekarwo dan Wali Kota Malang (Plt) Sutiaji, dan para pimpinan partai politik provinsi, dan KPU menggelar pertemuan di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Pertemuan tersebut memastikan penggantian antar waktu (PAW) akan dilakukan Senin (10/9). Penggantian tersebut dilakukan demi jalannya pemerintahan di Kota Malang.

Semua pimpinan parpol telah menyatakan kesiapan untuk segera melakukan PAW. Tim akan bekerja secara paralel agar permasalahan pemerintahan Kota Malang dapat diselesaikan dalam 3 hari sehingga pada Senin (10/9) mendatang bisa dilakukan pelantikan PAW.

"Karena menurut KPU problemnya terdapat pada administrasi pergantian. Namun, setelah pertemuan hari ini, disepakati pimpinan partai menyatakan kesiapannya untuk segera melakukan pendampingan di Kota Malang sehingga pelantikan anggota DPRD penggantian antar waktu dapat dilakukan pada Senin mendatang," kata Soekarwo, dalam keterangan Persnya.

Sabtu mendatang akan dilakukan penandatanganan namanama yang di PAW oleh Gubernur. Minggu, nama-nama yang sudah ditandatangani akan dicek sebelum kemudian dikirimkan ke Kota Malang dan Senin akan dilakukan pelantikan.

"Ini semua dilakukan untuk mempercepat proses, hari ini kita langsung kerja. Kita apresiasi kinerja partai, KPU hingga pak Wakil Walikota. Bahkan, urusan PAW di kabupaten/kota yang biasanya selesai hingga lima hari kita selesaikan menjadi satu hari," tegasnya.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Peristiwa
  2. KPK
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA