1. MALANG
  2. KABAR MALANG

BI sediakan Rp3,9 Triliun uang tunai untuk wilayah Malang

Sebesar Rp3,9 triliun uang tunai baru telah disiapkan BI Malang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada bulan Ramadan serta Lebaran mendatang.

©2018 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Selasa, 22 Mei 2018 07:55

Merdeka.com, Malang - Sebesar Rp3,9 triliun uang tunai baru telah disiapkan kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada bulan Ramadan serta Lebaran mendatang. Dilansir dari Antara, jumlah ini disebut meningkat dibanding tahun lalu.

Kepala Kantor Perwakilan BI Malang, Dudi Herawadi menyatakan bahwa ketersedian uang tunai sebesar Rp3,9 triliun ini meningkat 14 persen dibanding Lebaran tahun lalu. Pada tahun lalu sendiri terdapat Rp3,5 triliun uang tunai yang disiapkan.

"Ketersediaan uang tunai baru Rp3,9 triliun tersebut sesuai estimasi kami, di mana libur dan cuti bersama yang lebih lama dari tahun lalu. Dan, kecenderungan masyarakat untuk berbelanja memenuhi kebutuhannya selama bulan Puasa hingga Lebaran cukup tinggi," tutur Dudi.

Kenaikan ketersediaan uang tunai tersebut diungkap Dudi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Selain karena masa liburan cuti bersama yang lebih panjang, juga karena adanya wacana kenaikan tunjangan hari raya (THR) bagi aparatur sipil negara dan pensiunan, serta pembayaran THR karyawan perusahaan swasta.

Selain itu, Lebaran tahun ini juga datang menjelang penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, baik pemilihan wali kota, bupati, maupun gubernur. Dengan segala pertimbangan tersebut, Dudi menyebut bahwa akhirnya uang tunai yang disediakan ditambah.

Nanti juga bakal terdapat pelayanan kas keliling pada masyarakat. Selain itu pada mesin ATM juga bakal lebih banyak disediakan nominal Rp50 ribu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas.

"Kami minta lebih banyak yang Rp50 ribu untuk memfasilitasi masyarakat secara luas," tutur Dudi.

Uang sebesar Rp3,9 triliun ini sendiri akan didistribusikan tak hanya di wilayah Malang Raya saja. Ruang lingkup Kantor Perwakilan BI Malang mencakup Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo, dan Kabupaten Probolinggo.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Seputar Ramadan
  2. Ekonomi
  3. Lebaran 2018
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA