1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

5 Cara ampuh agar tidak terlambat bangun saat sahur

Pastikan kamu tidak terlambat untuk bangun ketika sahur dengan mengikuti lima cara berikut ini.

©2017 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Kamis, 08 Juni 2017 20:08

Merdeka.com, Malang - Bangun untuk sahur merupakan salah satu hal yang tidak bisa dilakukan secara mudah oleh semua orang. Beberapa orang sering kesulitan untuk bangun pada waktu yang tepat sehingga mereka sering terlewat jam sahur ini. Terlewatnya sahur dapat mengakibatkan tubuh menjadi lemas sehingga tidak optimal dalam menjalankan ibadah puasa. Berikut Merdeka.com berikan lima cara ampuh agar tidak terlambat bangun sahur:


1. Tidur lebih cepat

Cara pertama dan yang paling mudah untuk dilakukan adalah tidur lebih cepat. Dengan tidur lebih cepat, maka tubuh akan mendapat jam tidur yang cukup panjang sehingga tidak terlalu mengantuk atau berat untuk bangun ketika sudah masuk saatnya sahur.

Jam yang tepat untuk tidur adalah setelah melaksanakan shalat tarawih karena masih ada rentang yang cukup panjang untuk tidur. Namun juga pastikan agar tidak tidur terlalu cepat, kan bisa repot jika kamu sudah tidur setelah azan Asar karena dapat menyebabkan terlewat buka puasa.

2. Hindari minuman berkafein sebelum tidur

Jika memang saran pertama masih belum berhasil, maka cara kedua yang dapat ditempuh adalah dengan memperhatikan minuman yang dikonsumsi pada malam hari tersebut. Usahakan hindari minuman yang mengandung kafein seperti teh atau kopi.

Masuknya kafein pada tubuh ini justru dapat membuat usaha kamu untuk cepat tertidur menjadi gagal karena terjaga sebab asupan kafein pada tubuh. Jadi sebaiknya hindari minuman ini dan ganti saja dengan air putih yang cukup banyak untuk membantumu mudah bangun saat sahur.

3. Setel alarm dengan jarak jam yang dekat

Cara selanjutnya yang dapat ditempuh untuk memastikan kamu dapat bangun sahur adalah dengan memasang alarm. Memang cara ini terdengar klise dan memang sudah jamak digunakan semua orang, namun tentu saja yang banyak terjadi adalah bunyi alarm sering berlalu bersama waktu sahur yang sudah habis. Untuk memastikan alarm ini benar-benar membuat kamu bangun adalah dengan memasang alarm sebanyak mungkin di sekitar bantalmu.

Jika menggunakan alarm di ponsel maka pastikan untuk memasang jam alarm secara berurutan dan dengan jangka waktu yang dekat sebelum waktu sahur berakhir. Cara ini biasanya pasti bisa membuat kamu bangun walaupun tak jarang dengan kepala yang pening karena berondongan suara alarm.

(RWP)
  1. Tips
  2. Seputar Ramadan
  3. Pernik ramadan
  4. Ramadan 2017
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA