1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

7 Tips sederhana agar terbebas dari gangguan aliran air tak lancar, sudah tahu?

Aktivitas kerap terganggu lantaran aliran air di rumah tak lancar? Yuk, tengok tips mudah mengatasinya di sini!

Ilustrasi air bersih. ©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Sabtu, 23 September 2017 19:27

Merdeka.com, Malang - Tak dipungkiri, air bersih merupakan unsur penting dalam kehidupan makhluk di bumi, termasuk manusia. Bahkan, sekitar 55 - 78 persen tubuh manusia terdiri dari air. Tak hanya untuk tubuh, air bersih pun memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Setiap hari kita membutuhkan air untuk minum, membersihkan tubuh, mencuci, dan lainnya. Tak heran, jika akses air bersih terhambat akan sangat berpengaruh bagi kehidupan.

Kendati demikian, ternyata masih banyak orang yang secara langsung maupun tidak langsung berkontribusi pada terjadinya krisis air bersih. Perilaku pada penggunaan air sehari-hari di rumah memberi pengaruh besar pada kelangsungan ketersedian air bersi. Pasalnya, penggunaan air yang berlebih dalam kegiatan rumah tangga sehari-hari dapat menjadi pemicu terjadinya krisis air bersih.

Mengatasi hal itu, perlu untuk mengetahui pentingnya perilaku penggunaan air secara optimal demi kelestarian air bersih untuk masa depan. Sehingga, tak ada lagi kekhawatiran akan adanya gangguan karena aliran air tidak lancar, yang dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Dari segi ekonomi, hemat dalam menggunakan air dapat  membantu menekan pengeluaran rumah tangga.

Nah, untuk memudahkan penerapan perilaku hemat air tersebut, berikut merupakan tujuh tips sederhana dari Perusahaan daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang. Yakni, tips sederhana untuk menghemat air, sehingga bisa terbebas dari gangguan aliran air tidak lancar.

 

 

1. Membuat tandon air, sebagai antisipasi adanya gangguan aliran air minum sewaktu-waktu.

2. Memenuhi bak mandi dan tempat air lainnya saat pagi, yakni sebelum berangkat kerja atau meninggalkan rumah.

3. Mandi menggunakan shower dan mempercepat waktu mandi.

4. Mencuci pakaian menggunakan mesin cuci dan menggunakan setting eco.

5. Cek instalasi pipa air dalam rumah, sebagai antisipasi adanya bocoran.

6. Membersihkan lantai dan mencuci kendaraan dengan menggunakan ember.

7. Matikan keran air saat menggosok gigi, mencukur, dan membersihkan kamar mandi.

Tips yang sangat mudah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, bukan? Mari kita jaga kelestarian air bersih agar dapat diwariskan kepada generasi mendatang!

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Lingkungan
  2. Tips
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA