1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

5 Cara memanfaatkan kopi untuk keperluan rumah tangga

Mulai dari menghilangkan bau tak sedap hingga mencegah hewan masuk, berikut lima manfaat tak terduga kopi bagi kehidupan sehari-hari.

©2018 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Senin, 19 Februari 2018 18:39

Merdeka.com, Malang - Salah satu minuman yang sangat lekat dengan masyarakat Indonesia adalah kopi. Baik di kafe-kafe mewah maupun di warung kopi di pinggir jalan, minuman ini selalu menjadi pilihan banyak orang.

Malang sendiri merupakan daerah penghasil kopi yang cukup terkenal, selain itu juga terdapat beberapa merek kopi yang cukup terkenal dari Malang. Namun tahukah kamu, bahwa ternyata selain untuk diminu, terdapat juga cara lain untuk memaksimalkan kopi ini baik berupa bubuk maupun bekas seduhannya.

Mulai dari menghilangkan bau tak sedap hingga mencegah hewan masuk, berikut lima manfaat tak terduga kopi bagi kehidupan sehari-hari.

1. Menghilangkan bau di kulkas

Mencium bau tak sedap ataupun tengik dari kulkas merupakan sebuah hal yang tidak menyenangkan. Untuk menutupi dan menghilangkan bau tak sedap ini, bau kopi yang cukup kuat ternyata dapat menghilangkannya.

Bau makanan atau buah busuk di kulkas dapat hilang dengan mudah hanya dengan sebuah wadah kecil bubuk kopi saja. Cara ini juga dapat diterapkan pada tempat-tempat lain yang memiliki bau busuk dan ingin Anda hilangkan.

2. Menolak semut

Jika gula dapat menjadi incaran semut nomor satu di rumah, maka sebaliknya kopi merupakan salah satu hal yang dihindari hewan kecil ini. Sisa bubuk kopi yang sudah diseduh dapat digunakan untuk mengusir semut yang sering berada di beberapa wilayah rumah.

Untuk mencegah semut berpindah atau masuk ke dalam bagian lain rumah, taburkan bubuk kopi yang telah diseduh pada berbagai tempat untuk membatasi pergerakan semut. Hal ini dapat menghalangi dan mencegah semut berpindah ke lokasi-lokasi tertentu dalam rumah.

3. Mengusir kucing

Selain semut, kucing juga dapat digunakan untuk mencegah hewan lain yaitu kucing. Cara yang digunakan pun juga serupa dengan mengusir semut yang muncul.

Taburkan bubuk kopi sisa diseduh pada bagian-bagian rumah yang mungkin akan dilewati oleh kucing. Dengan cara ini maka kucing tidak akan berani lewat di tempat yang pernah kamu taburi sisa kopi tadi.

4. Menghilangkan goresan pada perabotan

Bekas goresan pada perabot kayu merupakan salah satu hal yang paling menyebalkan. Tetapi ternyata kopi juga dapat menjadi solusi bagi masalah ini.

Campurkan kopi dengan sedikit air panas, lalu aduk hingga campuran tersebut menjadi kental. Selanjutnya oleskan adonan tadi pada bagian-bagian yang tergores hingga tampak kembali seperti sedia kala.

5. Sebagai penyegar udara

Kadang kopi yang tumpah pada karpet dan seprei merupakan hal yang kamu anggap tidak menyenangkan. Tetapi ternyata hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk menjadi penyegar udara bagi rumah kamu.

Wangi kopi yang muncul dari bekas tumpahan tersebut dapat membuat bau-bau tidak enak di sekitar rumah menjadi hilang dan digantikan oleh wangi kopi. Bukankah lebih baik mencium wangi kopi di sekeliling rumah daripada bau tengik atau juga 'mamel' di seluruh rumah kamu.

Itu lah 5 cara memanfaatkan kopi dalam situasi sehari-hari di rumah kamu. Selamat mencoba!

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Tips
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA