1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

3 Panduan selamat dari bau kambing di hari Idul Adha

Untuk menghindari bau kambing yang sangat menganggu ketika hari raya Idul Adha, ini beberapa hal yang bisa coba kamu lakukan.

©2017 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Kamis, 31 Agustus 2017 21:10

Merdeka.com, Malang - Idul Adha merupakan salah satu dari dua hari raya yang diperingati dalam agama Islam. Hari raya ini ditandai dengan pelaksanaan ibadah haji di Mekkah serta penyembelihan hewan kurban di seluruh penjuru dunia.

Di Indonesia sendiri, hewan yang paling banyak untuk dikurbankan adalah kambing. Namun rupanya hewan ini juga tidak disukai semua orang lantaran baunya baik ketika hidup maupun ketika sudah dalam potongan daging.

Untuk menghindari bau kambing yang sangat menganggu ketika hari raya Idul Adha ini, tim Merdeka.com memiliki panduan cara yang bisa kamu lakukan agar tetap selamat dari bau kambing yang bakal terbit sepanjang hari:

1. Pilih tempat salat yang memiliki jarak cukup jauh dengan letak hewan kurban

Cobaan pertama di hari Idul Adha adalah ketika hendak melaksanakan salat. Biasanya hewan-hewan yang siap dikurbankan ini telah berada di masjid-masjid yang menjadi tujuan mereka. beberapa masjid bisa meletakkan berbagai hewan ini dengan jarak yang cukup jauh dari jamaah salat, namun kadang pada beberapa masjid jaraknya cukup dekat. Belum lagi ketika ada angin bertiup yang membawa bau hewan tersebut.

Pilihlah lokasi salat dengan jarak yang berada cukup jauh dari hewan-hewan kurban tersebut. Pastikan juga lokasimu terlindung dari bau ketika tiba-tiba angin bertiup dan membawa aroma kambing tersebut.

2. Pasang penyerap atau penghilang bau di kulkas atau rumah

Setelah usai waktu salat, hewan-hewan kurban itu kemudian akan disembelih dan kemudian dikirimkan ke rumah-rumah warga. Daging yang telah dipotong ini kemudian akan disimpan atau langsung dimasak dan dinikmati.

Jika disimpan terlebih dahulu, bau kambing ini dapat memenuhi kulkas dan rumah, namun jika dimasak, bau ini juga bakal tetap memenuhi rumah. Cara terbaik adalah memastikan sirkulasi udara di rumah benar-benar mengalir serta memasang penyerap dan wangi-wangian di berbagai sudut rumah.

3. Pakai masker

Jika memang bau kambing masih memenuhi rumah dan kamu tak tahan lagi. Coba pakai masker yang sudah diberi sedikit wangi-wangian lalu berdiamlah di dalam rumah atau pergi ke tempat yang kamu pikir bebas dari bau kambing sambil berharap bahwa esok hari yang lebih wangi akan segera datang.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Tips
  2. Idul Adha 2017
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA