1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

Tips bikin foto produk bak profesional hanya dengan kamera smartphone

Khusus untuk pemula, ini tips praktis untuk hasilkan foto produk berkualitas bak profesional. Penasaran?

Ilustrasi foto produk. ©2017 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Selasa, 05 September 2017 19:09

Merdeka.com, Malang - Tak dipungkiri, fotografi produk memainkan peranan penting dalam pemasaran yang berimbas pada meningkatnya angka penjualan produk tersebut. Menyadari hal itu, program #PahlawanDigital melalui gelaran roadshow ke-10, menyuguhkan pembelajaran singkat seputar fotografi produk langsung dari pakarnya. Salah satunya, roadshow #PahlawanDigital 10 ini menghadirkan Owner RIF Photography, Arief Fitriawan atau lebih sering disapa Arief Shinchan. 

Dalam acara yang dikemas dalam talkshow itu, Arief berbagi tips sederhana fotografi kepada sekitar 600 peserta yang hadir, untuk menghasilkan foto produk yang berkualitas. Hanya dengan menggunakan kamera smartphone dan peralatan di sekitar, foto produk yang dihasilkan pun bisa menarik layaknya hasil jepretan profesional. 

Arief Shinchan saat Roadshow #PahlawanDigital 10
© 2017 merdeka.com/Siti Rutmawati

 

Berikut adalah tips dasar yang perlu diketahui para pemula, untuk belajar mengambil foto produk yang berkualitas. 

1. Pencahayaan (lighting)
Penentuan lighting, kata Arief, menjadi hal yang paling penting dalam fotografi produk. Setidaknya ada empat istilah pencahayaan yang cukup populer di kalangan fotografer, yakni front light, back light, side light, serta top and down light. 

"Misalkan foto produk makanan. Tekstur harus terlihat jelas. Pencahayaannya bisa dari belakang atau samping," jelas Arief.

2. Komposisi
Komposisi dalam fotografi berkaitan dengan cara penempatan objek saat pengambilan gambar. Terkait komposisi, memang sangat dibutuhkan kepekaan fotografer untuk mengatur keseimbangan objek yang ada dalam foto.

Hal penting yang perlu diperhatikan dalam menentukan komposisi dalam foto yaitu warna, penempatan objek, fokus, dan makna dari sebuah gambar. 

3. Angle
Sudut pengambilan foto atau angle, mengharuskan fotografer untuk menempatkan posisi kamera pada situasi tertentu saat hendak membidik objek. Angel bisa diperoleh dari segala arah, mulai dari samping, bawah maupun atas.

"Misalkan makanan, bisa(mengambil angle) dari depan agak ke atas, dan sesuai kebutuhan. Itu tergantung makanannya apa. Misalkan kita mengambil gambar ayam goreng dalam satu wadah, bisa motret dari atas dengan cahaya dari belakang. Jadi kita bisa menonjolkan gurihnya ayam. Fungsinya foto produk, kita lihat terus kepingin," ujarnya.

Dalam acara tersebut, Arief pun sempat mempraktikkan pengambilan foto produk hanya dengan berbekal alat-alat sederhana. Seperti kertas karton putih atau kertas kalkir sebagai reflector, dan lampu belajar untuk alat pencahayaan.

 

#PahlawanDigital sendiri merupakan program yang diinisiasi oleh Jagoan Hosting yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Program ini merupakan program kolaborasi yang menjembatani anak muda dan UMKM yang belum go online untuk melakukan re-packaging dan re-branding produk UMKM lokal agar dapat bersaing di pasar Internasional.

PILIHAN EDITOR

 

(SR)
  1. Tips
  2. Malang Kreatif
  3. Anak Muda
  4. #PahlawanDigital
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA