1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

Dongkrak pemasaran UMKM, #PahlawanDigital gelar kelas fotografi produk

Menyadari pentingnya fotografi produk dalam pemasaran UMKM, Roadshow #PahlawanDigital gelar kelas fotografi bareng fotografer profesional.

Roadshow #PahlawanDigital 7. ©2016 Merdeka.com Reporter : Siti Rutmawati | Minggu, 23 Juli 2017 14:31

Merdeka.com, Malang - Produser WhichTestWon’s The Live Event, Justin Rondeau mengatakan jika fotografi produk memegang peranan penting dalam meningkatkan jumlah penjualan produk pada sebuah toko online. Sayangnya hingga saat ini masih banyak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masih mengabaikan hal ini. Selain karena pengetahuan mereka soal fotografi masih minim, banyak juga yang menganggap untuk menghasilkan foto produk yang bagus dibutuhkan peralatan yang lengkap dan mahal.

Fotografer profesional muda asal kota Malang, Septa Twi menjelaskan, untuk menghasilkan foto produk yang berkualitas tidak dibutuhkan peralatan mahal, cukup dengan menggunakan benda yang ditemui sehari-sehari.

"Tips dari saya adalah siapkan produk yg ingin difoto. Siapkan lighting, lampu belajar pun juga bisa yang penting dapat memberikan pencahayaan yang cukup. Kombinasikan semenarik mungkin dengan warna produk, penataan produk dan detail. Perhatikan juga benda-benda yang berhubungan. Pakai kertas kalkir atau akrilik untuk melembutkan cahaya yang menyebar. Kalau bisa, bagian sekelilingnya harus gelap supaya produk lebih dominan," tutur Septa.

Septa juga memaparkan kriteria foto produk yang menarik agar diminati oleh pembeli. Menurutnya, kriteria foto produk yang baik adalah foto yang terlihat detail, komponen dengan gaya foto yang baik.

"Foto juga harus memadukan warna supaya serasi dan menarik, dan yang terakhir pemahaman terhadap pengetahuan produk," imbuhnya.

Roadshow #PahlawanDigital 7
© 2017 merdeka.com/Siti Rutmawati

Septa Twi, menjelaskan lebih detail tentang foto produk berkualitas dalam kegiatan Roadshow #PahlawanDigital 7, di Ngalup.Co, Jumat (21/7). Bersama dua rekannya, Feathjay dan Handoko Kim, ia membeberkan beberapa teknik dan tips pengambilan gambar, baik dengan menggunakan kamera profesional, maupun kamera smartphone.

Dalam Roadshow tersebut, ia memberikan tips mengatur pencahayaan dalam ruangan dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar. Tak melulu memanfaatkan sinar matahari maupun alat profesional, pencahayaan foto bisa didapat dengan menggunakan lampu meja yang ditutup dengan kain putih.

Selain pencahayaan, kata Septa, komponen dalam produk juga patut untuk diperhatikan. Penggunaan bahan-bahan yang berhubungan dengan produk, dapat mempercantik gambar yang dihasilkan.

Melirik pada #PahlawanDigital, ini merupakan program yang diinisiasi oleh Jagoan Hosting yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkoinfo). Tujuannya, tak lain untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia dengan nilai transaksi e-dagang mencapai USD 130 milyar.

Program ini merupakan program kolaborasi yang menjembatani anak muda dan UMKM yang belum Go Online untuk melakukan re-packaging dan re-branding produk UMKM lokal agar dapat bersaing di pasar Internasional. #PahlawanDigital terdiri dari tiga rangkaian acara yaitu Roadshow, Breakout dan Online Course. Informasi tentang #PahlawanDigital dapat diakses melalui website www.pahlawadigital.com.

Jagoan Hosting sendiri merupakan bagian dari PT Beon Intermedia. Yakni, perusahaan yang bergerak di bidang penyedia layanan web hosting di Indonesia yang mengedepankan layanan paling jago, namun tetap dengan harga web hosting murah.

PILIHAN EDITOR

(SR)
  1. Teknologi
  2. Malang Kreatif
  3. Kota Malang
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA