1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

3 Cara cegah kolesterol membumbung saat Idul Adha tiba

Mengonsumsi daging secara berlebih dapat berbahaya bagi tubuh. Berikut 3 cara untuk menghindari meningkatnya kolesterol pada tubuh.

©2018 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Rabu, 22 Agustus 2018 11:54

Merdeka.com, Malang - Melimpahnya daging yang didapat ketika hari raya Idul Adha tiba memang bisa membuat seseorang menjadi kalap dan mengonsumsinya secara berlebih. Hal ini tentu saja berbahaya bagi tubuh jika mengonsumsi daging merah yaitu dari kambing atau sapi secara berlebih.

Daging merah ini memang mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, vitamin B12, asam linoleat, zink, dan asam lemak omega 3. walaupun banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, namun daging merah juga mengandung lemak dan kolesterol yang dapat memicu peningkatan risiko gangguan jantung dan pembuluh darah, jika dikonsumi secara berlebihan.

Agar konsumsi daging merah ini tak malah berimbas buruk pada diri, tiga hal ini harus diperhatikan:

1. Mengolah daging secara sehat

Untuk membuat nutrisi dalam daging tersebut dapat tetap optimal dan diserap tubuh dengan baik, pengolahan yang tepat merupakan salah satu kuncinya. Dalam mengolah daging merah, empat hal ini harus diperhatikan:

  • Hilangkan lemak yang ada di daging terlebih dahulu sebelum dimasak.
  • Gunakan peralatan masak yang benar-benar bersih, agar bakteri yang menempel pada alat masak tersebut tidak mencemari daging.
  • Jika mengolah daging beku, sebelumnya taruh daging tersebut di suhu ruangan untuk mencairkan dan menghilangkan kandungan es di dalamnya. Dengan cara ini, daging akan matang merata sehingga kemungkinan untuk terkontaminasi bakteri lebih rendah.
  • Setelah bersih dan dibumbui dengan baik, olah daging sapi dengan cara direbus atau dipanggang menggunakan minyak zaitun.

(RWP)
  1. Makanan Sehat
  2. Tips
  3. Idul Adha
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA