1. MALANG
  2. GAYA HIDUP

Perhatikan 3 hal ini ketika memilih hewan kurban

Memilih kambing untuk hewan kurban tidak bisa sembarangan dan harus memperhatikan tiga hal penting ini:

©2017 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Kamis, 31 Agustus 2017 12:35

Merdeka.com, Malang - Memilih kambing yang digunakan untuk berkurban tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli kambing sebagai hewan kurban tersebut.

Beberapa syarat seperti kondisi kambing yang benar-benar bagus perlu diperhatikan sebelum dikurbankan. Terdapat beberapa ciri-ciri yang harus dimiliki oleh kambing tersebut sebelum benar-benar layak dikurbankan. Berikut ini beberapa ciri-ciri kambing kurban yang bagus yang harus diperhatikan:

1. Sudah berusia lebih dari satu tahun

Kambing yang hendak dikurbankan di hari raya Idul Adha memiliki batasan usia yang jelas. Untuk menentukan usia dari kambing ini, adalah dengan melihat susunan kambing tersebut. Kambing yang sudah cukup umur akan memiliki gigi susu yang sudah tanggal dan digantikan gigi tetap atau dalam bahasa Jawa biasa disebut sudah 'poel'.

2. Memiliki tanduk yang utuh

Salah satu tanda-tanda dari kambing yang baik adalam memiliki tanduk yang masih utuh. Kondisi tanduk yang cacat atau rusak dapat menjadi salah satu tanda bahwa kambing ini tidak cocok untuk dikurbankan.

3. Dalam kondisi sehat

Hal lain yang paling penting ketika memilih kambing kurban adalah dengan melihat kesehatannya. Cara menentukan kesehatan kambing ini dapat dibuktikan dari postur tubuh dan cara jalan yang normal. Hal lain yang patut diperhatikan adalah pakah kambing tersebut dalam kondisi pilek atau tidak.

Tiga hal ini merupakan sesuatu yang harus diperhatikan ketika memilih seekor kambing kurban yang bagus.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Tips
  2. Idul Adha 2017
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA