1. MALANG
  2. KABAR MALANG

BI wilayah Malang siapkan mobil kas keliling penukaran uang baru

Mobil kas keliling dari Bank Indonesia wilayah kerja Malang bakal melayani penukaran uang baru di 13 titik lokasi mulai Senin (12/6).

©2017 Merdeka.com Reporter : Rizky Wahyu Permana | Jum'at, 09 Juni 2017 12:32

Merdeka.com, Malang - Menjelang hari raya Idul Fitri yang semakin mendekat, masyarakat di Malang tidak bakal bingung untuk mencari jasa penukaran uang baru. Dilansir dari Antara Jatim, mobil kas keliling dari sejumlah perbankan di wilayah kerja Bank Indonesia (BI) Perwakilan Malang bakal melayani penukaran uang baru di 13 titik lokasi.

Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengenalan Uang rupiah dan Layanan Administrasi BI Perwakilan Malang, Rini Mustikaningsih mengatakan bahwa mobil kas keliling ini bakal mulai beroperasi pada Senin (12/6). Saat ini sendiri, sudah ada beberapa mobil kas keliling bank umum yang sudah beroperasi melayani penukaran uang baru di lokasi pasar murah yang digelar Pemkot Malang.

"Kami akan menyiapkan mobil kas keliling dan akan mendatangi sejumlah lokasi strategis yang telah ditetapkan. Mobil kas keliling ini mulai beroperasi secara serentak, Senin (12/6) hingga Kamis (22/6) mendatang," ujar Rini.

Lokasi dari penukaran uang ini nanti tidak hanya berpusat di wilayah kota Malang saja. Namun juga menjangkau sejumlah daerah lainnya, seperti Kabupaten Malang, Kota Batu, Pasuruan, dan Probolinggo. Di kota Malang sendiri, mobil kas keliling ini akan berhenti di sejumlah tempat strategis seperti di kampus, layanan publik, serta pusat perbelanjaan.

Penukaran pecahan uang baru untuk Lebaran ini disebut Rini sebenarnya sudah disiapkan sejak awal Ramadan lalu.

"Pokoknya warga bisa menukar di perbankan manapun, yang penting ada di wilayah kerja BI Malang, termasuk BPR," jelasnya.

Untuk penukaran uang ini, Rini menyebut bahwa akan ada pembatasan nominal. Setiap orang, satu kali menukar dibatasi maksimal Rp3,7 juta (satu paket) dengan rincian satu bendel Rp20.000 (Rp 2 juta), satu bendel Rp10.000 (Rp 1 juta), satu bendel Rp5.000 (Rp 500.000), dan satu bendel Rp2.000 (Rp 200.000). Walau begitu, uang pecahan baru yang disiapkan tidak seluruhnya merupakan uang baru tahun emisi 2016.

"Uangnya memang semua baru, tapi bukan keluaran tahun emisi 2016 seluruhnya," tandasnya.

PILIHAN EDITOR

(RWP)
  1. Info Kota
  2. Seputar Ramadan
  3. Pernik ramadan
  4. Ramadan 2017
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA