1. MALANG
  2. KABAR MALANG

65 Hektar hutan di kawasan Bromo dilahap api

"Diperkirakan kawasan yang terbakar seluas 65 ha, akan dipastikan lebih lanjut berikut penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan".

©2018 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Selasa, 04 September 2018 13:47

Merdeka.com, Malang - Kebakaran hutan terjadi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Hingga saat ini api membakar sekitar 65 hektar dan kemungkinan terus bertambah.

"Diperkirakan kawasan yang terbakar seluas 65 ha, akan dipastikan lebih lanjut berikut penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan," kata John Kennedy, Kepala Balai Besar TNBTS, Minggu (2/9).

John Kennedy menyatakan masih dilakukan upaya pemadaman dengan melibatkan 320 orang personil. Mereka terdiri dari stakeholder dari Sahabat Gunung, Bromo Lover, Perhutani, BPBD, Masyarakat, Polres Malang, Polres Probolinggo, Koramil Malang, Kodim Sukapura dengan memanfaatkan peralatan yang dimiliki.

"Tindak lanjut yang dilakukan apabila api belum dapat dipadamkan dilakukan penutupan jalur lalu lintas wisatawan Jemplang menuju Bromo, Kabupaten Malang untuk dialihkan ke pintu masuk Wonokitri,lKabupaten Pasuruan," jelasnya.

Dijelaskan oleh Kennedy, kebakaran hutan terpantau sekitar pukul 09.45 WIB di Blok Plentongan yakni Resort Tengger Laut Pasir Seksi PTN I yang berbatasan dengan Resort Coban Trisula Seksi PTN II.

Selanjutnya jajaran Resort Coban Trisula (RCT), SPTN II dan Resort Tengger Laut Pasir (TLP), SPTN I melakukan penanganan cepat. Sejumlah 15 personel diterjunkan pukul 09.55 WIB. Tim sebanyak 83 orang melakukan upaya pemadaman dengan 5 unit mobil dan peralatan lainnya pukul 10.30 WIB.

"Lokasi kebakaran hutan pada elevasi 45-60 derajat atau curam, berupa 85 persen Sabanna yang terdiri dari alang-alang dengan ketebalan 85-150 cm, serta terdapat cemara yang sudah kering," terangnya.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Peristiwa
  2. Gunung Bromo
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA