1. MALANG
  2. KABAR MALANG

76 Hektare hutan di Gunung Bromo hangus terbakar

Keseluruhan luas hutan yang terbakar di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mencapai sekitar 76 hektare.

Istimewa. ©2017 Merdeka.com Editor : Rizky Wahyu Permana | Contributor : Darmadi Sasongko | Kamis, 14 September 2017 17:59

Merdeka.com, Malang - Api yang membakar hutan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) sepenuhnya telah berhasil dipadamkan. Keseluruhan luas hutan yang terbakar di kawasan tersebut mencapai sekitar 76 hektare.

Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Wilayah 1, Fariana Prabandari mengatakan, keseluruhan api sudah berhasil dipadamkan sejak Selasa (12/9) malam. Terakhir pemadaman api dilakukan di dua titik yakni Blok Mendongan dan Undak Lembu.

"Sudah padam semua," kata Fariana Prabandari saat dihubungi dari Malang, Kamis (14/9). 

Menurut Fariana, total 76 hektare tersebut meliputi Wilayah Pasuruan seluas 14 hektare, Probolinggo seluas 32 hektare dan Malang seluas 30 hektare. 

Wilayah Pasuruan yang terbakar meliputi Blok Dingklik Resot Pananjakan yang tersebar di Mendongan seluas 3 hektare, Pakisbincil seluas 3 hektare, Mungal seluas 5 hektare dan Bukit Kingkong seluas 3 hektare.

Sementara wilayah Probolinggo yang terbakar terdiri dari Blok Savana- Resort Tengger Laut Pasir tersebar di Savana seluas 30 hektare dan Kawasan Andan Andan seluas 2 hektare. 

Sedangkan wilayah Malang yang terbakar meliputi Blok Watugedhe - Resort Coban Trisula tersebar di Watugedhe seluas 25 hektare dan Kawasan Jemplang 5 hektare.

Fariana mengimbau agar masyarakat tidak sembarangan membuang putung rokok yang dapat mengakibatkan kebakaran. Karena selain akibat musim kering, dugaan penyebab kebakaran karena patung rokok dan perapian atau api unggun. 

"Kami mengimbau masyarakat agar tidak melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan kebakaran, tidak membuang putung rokok sembarangan atau meninggalkan perapian. Masyarakat juga jangan membakar lahan hingga tidak terkontrol," katanya. 

Guna mengantisipasi kejadian serupa, pihaknya terus melakukan penyuluhan baik secara langsung kepada masyarakat maupun melalui web dan media sosial. Pihaknya juga secara rutin melakukan patroli dengan melibatkan sejumlah pihak dan aparat.

PILIHAN EDITOR

(RWP) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Peristiwa
  2. Gunung Bromo
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA