1. MALANG
  2. KABAR MALANG

Sulit dipadamkan, kebakaran hutan di Gunung Bromo capai 50 hektare

Kebakaran hutan di Kawasan Gunung Bromo, hingga saat ini terus berlangsung. Pihak pengelola dengan dibantu masyarakat terus melakukan pemadaman.

Istimewa. ©2016 Merdeka.com Editor : Siti Rutmawati | Contributor : Darmadi Sasongko | Selasa, 12 September 2017 18:07

Merdeka.com, Malang - Kebakaran hutan di Kawasan Gunung Bromo, hingga saat ini terus berlangsung. Pihak pengelola dengan dibantu masyarakat terus berupaya melakukan pemadaman.

Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Wilayah 1, Fariana Prabandari mengatakan, kebakaran mencapai sekitar 50 hektare. Luasan tersebut diprediksi akan terus bertambah.

"Luas yang terbakar masih dihitung ya, sekitaran 50 hektare, nanti saat padam semua akan kita rilis," kata Fariana Prabandari kepada wartawan, Selasa (12/9).

Kebakaran berlangsung sekitar dua hari terakhir, sejumlah titik sudah berhasil dipadamkan. Tetapi dua titik api masih belum bisa dipadamkan.

"Kondisi terakhir Alhamdulillah 75 persen sudah padam. Dua titik belum padam yaitu Blok Mendongan dan Undak Lembu. Lainnya sudah padam," ungkapnya.

Fariana mengatakan, pihaknya bersama masyarakat sedang mengupayakan pemadaman di lokasi. Pemadaman dilakukan baik secara manual maupun dengan peralatan yang melibatkan masyarakat umum, TNI dan Petugas TNBTS.

Kata Fariana, pemadaman mengalami kesulitan untuk daerah-daerah tebing, apalagi dengan kemiringan yang curam. Untuk daerah-daerah datar, relatif mudah dan sekali jalan sudah langsung padam.

"Kalau daerah datar seperti savana, langsung padam, kalau daerah tebing, sulit butuh waktunya lama," katanya.

PILIHAN EDITOR

(SR) Laporan: Darmadi Sasongko
  1. Peristiwa
  2. Gunung Bromo
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA